Nasihat Jack Ma untuk Generasi Muda.... - Kompas.com

Nasihat Jack Ma untuk Generasi Muda....

Kompas.com - 14/09/2018, 11:00 WIB
CEO Alibaba Group Jack Ma (tengah) menyemarakkan Upacara Penutupan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Minggu (2/9/2018).  ANTARA FOTO/INASGOC/Wahyudin CEO Alibaba Group Jack Ma (tengah) menyemarakkan Upacara Penutupan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Minggu (2/9/2018).

NEW YORK, KOMPAS.com - Sebagai seseorang yang dianggap penting dalam pertumbuhan pasar digital, Jack Ma memberi sejumlah nasihat, utamanya untuk kaum milenial.

Dikutip dari CNBC, Jumat (14/9/2018), Ma mengatakan, usia 20-an adalah masa-masa untuk belajar, kemudian usia 30 dan 40 tahun adalah untuk mengambil risiko dan menjalani hidup sesuai tujuan. Adapun usia 50-an adalah untuk meneruskan apa yang Anda kuasai dan melatih generasi di bawahnya.

Dari saran tersebut, Ma tampak mengikuti sarannya sendiri. Dulu, dirinya tidak mulai mencapai kesuksesan karir bahkan sampai usia 30-an.

"Dalam hidup, bukan seberapa banyak yang diraih, tapi lihatlah sosok itu melewati hari-hari yang berat dengan berbagai kesalahan," ucap Ma saat diundang ke pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia 2018 beberapa waktu lalu.

"Jika Anda ingin sukses, belajarlah dari kesalahan orang lain, jangan belajar dari kisah suksesnya," imbuhnya.

Ma kemudian menjabarkan apa yang mesti dilakukan oleh generasi muda saat ini ketika ingin mencapai definisi sukses.

"Ketika Anda berusia 20 hingga 30 tahun, Anda harus belajar dari atasan yang baik dan bergabung dengan perusahaan yang baik untuk belajar bagaimana melakukan sesuatu dengan benar," kata Ma.

Daripada menetapkan tujuan dan mimpi berdasarkan kisah sukses orang lain, Ma lebih menyarankan menjadikan diri sendiri untuk dapat lebih berkembang dalam banyak hal. Dia mengatakan, pada usia in, bayangkan apa yang Anda harapkan untuk bisa sukses dalam 10 tahun ke depan.

"Sebagai seorang anak muda, bahkan hari ini, saya tidak pernah berpikir saya akan berada di sini," tuturnya.

Dia menceritakan, ketika melihat pada masa lalunya bahwa setiap masalah yang temuinya kala itu bermanfaat bagi kehidupan Ma hingga dirinya berusia 54 tahun saat ini.

Lalu, menginjak usia 30 hingga 40 tahun, jika ingin melakukan sesuatu sendiri misal berwirausaha, maka lakukan.

"Anda mungkin masih bisa merasakan banyak kehilangan dan gagal dalam berusaha," ujar Ma.

Namun, dalam rentang usia 30-40 tahun, Ma menyarankan agar mulai mengatur stabilitas keuangan, keluarga, dan mempertimbangkan untuk menikah. Daripada terjun ke bidang baru atau berganti-ganti pengalaman dari tahun-tahun berikutnya dalam karir, ia menyarankan ketika Anda berusia 40 hingga 50 tahun, lakukan hal-hal yang Anda kuasai.

Ketika berusia 50-60 tahun, Ma mengimbau agar luangkan waktu untuk melatih dan mengembangkan kemampuan generasi berikutnya.

"Ketika Anda berusia lebih dari 60 tahun, Anda lebih baik tinggal bersama cucu Anda," imbuhnya.

Orang sesukses Ma bahkan merasa gagal sebelum mencapai usia 30 tahun, tapi Ma tidak pernah menyerah. Dia menjadikan dirinya sebagai kompetisinya sendiri, membayangkan apa yang dia harapkan untuk capai dalam 10 tahun dan melakukan semua yang dia bisa untuk mencapai tujuan itu.


Menurutnya, tak peduli seberapa pintar seseorang pasti akan ada saatnya dia melakukan kesalahan.

"Anda belajar dari kesalahan bukan karena Anda akan mampu menghindari ketika kesalahan ini datang, atau [kapan] tantangan itu datang, Anda belajar bagaimana menghadapinya," pungkasnya.

Komentar
Close Ads X