PLN Gratiskan Pemasangan Listrik di Rumah yang Terdampak Gempa NTB

Kompas.com - 14/09/2018, 12:40 WIB
Petugas PLN memeriksa instalasi listrik di tengah puing-puing bangunan di Lombok, beberapa waktu lalu. Dok PLNPetugas PLN memeriksa instalasi listrik di tengah puing-puing bangunan di Lombok, beberapa waktu lalu.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) memberikan layanan penyambungan gratis untuk korban gempa Lombok dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

PLN sebelumnya telah mendata rumah-rumah yang terdampak gempa untuk pengamanan kabel Sambungan Rumah (SR). Seperti diketahui, gempa yang mengguncang Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa tersebut merusak sistem kelistrikan di kedua pulau.

Sebagian besar kondisi kwh meter sudah tidak dapat digunakan lagi karena kondisinya rusak tertimpa bangunan. Ada pula yang masih terpasang di bangunan, namun dalam kondisi rusak berat dan diamankan di kantor PLN.

Direktur Bisnis Regional PLN Jawa Timur Bali dan Nusa Tenggara Djoko R Abumanan mengatakan, pihaknya menyadari bahwa kebutuhan kelistrikan sangat penting bagi warga.

"Untuk selanjutnya apabila rumah baru telah selesai dibangun dan hendak disambung listriknya kembali, maka proses penyambungan baru dan penyalaan akan dilakukan oleh PLN dan dibebaskan dari Biaya Penyambungan. Gratis," kata Djoko melalui keterangan tertulis, Jumat (14/9/2018).

Aliran listrik ke ribuan pelanggan PLN harus padam pada saat gempa dikarenakan Jaringan PLN mengalami kerusakan akibat gempa. Hal ini disebabkan ratusan aset PLN mengalami kerusakan, terutama pada jaringan Distribusi Tegangan Menengah, Tegangan rendah, serta Saluran Rumah dan Alat Pengukur dan Pembatas (SR APP).

Kondisi saat ini seluruh Jaringan listrik telah diperbaiki dan seluruh masyarakat khususnya yang ada di pengungsian sudah bisa menikmati listrik kembali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gempa Lombok dan Sumbawa juga memberikan dampak kerusakan kelistrikan di beberapa wilayah kerja unit PLN seperti Kabupaten Lombok Utara terdiri dari Tanjung, Pemenang, Gangga, Kayangan, Bayan, Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno. Kabupaten Lombok barat di wilayah Narmada, Batulayar, Gunungsari.

Di Kabupaten Lombok Timur di Labuhan Haji, Pringgabaya, Sembalun, Sambelia. Kota Mataram di Ampenan. Sedangkan di Kabupaten Sumbawa Besar daerah yang terdampak meliputi Utan, Alas, Taliwang, Rhee dan Buer. Kabupaten Sumbawa Barat di Kecamatan Seteluk.

Diperkirakan ada sekitar 56.000 pelanggan PLN yang terkena dampak gempa.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.