Tingkatkan Video yang Relevan, Kompas.com Andalkan Kecerdasan Buatan iVideoSmart - Kompas.com

Tingkatkan Video yang Relevan, Kompas.com Andalkan Kecerdasan Buatan iVideoSmart

Kompas.com - 14/09/2018, 12:54 WIB
Tampilan video rekomendasi di web Kompas.com yang dipasangi plugin iVideoSmart.Kompas.com Tampilan video rekomendasi di web Kompas.com yang dipasangi plugin iVideoSmart.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompas Gramedia Group bekerja sama dengan perusahaan terakreditasi asal Singapura iVideoSmart untuk meningkatkan relevansi rekomendasi di artikel-artikel di media KG, salah satunya di Kompas.com.

Dengan kerja sama ini, diharapkan iVideoSmart dapat membantu memperbaiki layanan video dalam KG Media sehingga menjadi lebih interaktif dan relevan dengan penggunanya.

"Ada permintaan untuk konten video yang lebih banyak dan relevan oleh pengguna layanan KG Media, dan kemitraan dengan iVideoSmart ini meningkatkan kemampuan kami untuk lebih responsif terhadap kebutuhan konsumen," kata CEO KG Media Andy Budiman dalam pernyataannya, Jumat (14/9/2018).

Andy menuturkan, pihaknya selalu mencari cara untuk meningkatkan kualitas dari apa yang ditawarkan agar lebih sesuai dengan keinginan konsumen. KG Media ingin mrnggandakan keterlibatan konsumen dengan memanfaatkan konten-konten premium.

Adapun produk yang akan dikembangkan oleh iVideoSense berupa rangkaian widget cerdas yang memungkinkan pemindaian dan kontekstualisasi dari setiap piranti online untuk merekomendasikan video yang relevan. Hal ini akan membuat tampilan halaman web menampilkan video-video yang potensial.

iVideoSmart menggunakan kecerdasan buatan (artifiacial intelligence/AI) untuk mencocokkan konten halaman web dengan video organik.

Selain itu, dengan AI tersebut juga bisa menyelaraskan konten yang dimiliki Kompas.com dalam bentuk artikel dengan koleksi video yang dimiliki Kompas.com. Pada gilirannya cara ini akan meningkatkan kualitas dan kuantitas video yang ditawarkan kepada pembaca.

Chief Commercial Officer iVideoSmart Vinchi Cuyegkeng mengatakan dengan membuat rekomendasi video berdasarkan kontekstualitas konten, maka akan meningkatkan keterkaitan antara konten yang ditawarkan untuk pengguna.

"Dan dengan melakukan ini dalam skala besar, kami percaya dapat membuka nilai tambahan yang dapat diukur untuk industri media untuk dimonetisasi," ujar dia.


iVideoSmart juga bisa membuat Kompas.com mampu untuk menyesuaikan iklan secara dinamis dan real time.

Ketika membuka artikel di Kompas.com, di bagian paling bawah biasanya akan ada video rekomendasi kepada pembaca. Fitur video rekomendasi inilah yang disediakan oleh iVideoSmart. 

Komentar
Close Ads X