Tips Sukses Berbisnis ala Bos Amazon - Kompas.com

Tips Sukses Berbisnis ala Bos Amazon

Kompas.com - 15/09/2018, 10:19 WIB
CEO Amazon Jeff Bezospinterest CEO Amazon Jeff Bezos

NEW YORK, KOMPAS.com - Sebagai pendiri sekaligus pimpinan dari perusahaan dengan kapitalisasi pasar mendekati 1 triliun dollar AS, CEO Amazon Jeff Bezos tentu sudah khatam mengenai ilmu-ilmu menjalani bisnis.

Bezos memulai Amazon.com pada tahun 1994 sebagai sebuah toko buku online. Di awal-awal mengembangkan perusahaannya, Bezos hanya memiliki kantor kecil yang dua dekade kemudian mampu menghasilkan 177 miliar dollar AS per tahun.

Sementara itu, kepemilikan bersihnya dari perusahaan yang dia rintis tersebut lebih dari 160 miliar dollar AS. Dia juga memiliki bisnis-bisnis sampingan, termasuk perusahaan wisata luar angkasa Blue Origin, juga kepemilikan atas Washington Post.

Berikut adalah tips Bezos mengenai cara mengelola bisnsi yang sukses:

1. Mulai dari hal kecil

Bezos menyukai hal-hal yang dimulai dari kecil dan lebih personal, terutama ketika membangun sebuah perusahaan baru. Dia mengatakan, Amazon hanya memiliki 5 karyawan di awal-awal waktu berdirinya.

"Mungkin sulit bagi kalian mengingatnya, tapi bagi saya ini seperti baru saja berkendara sendiri untuk mengantar paket-paket ke kantor pos sembari berharap suatu hari nanti bisa menyewa forklift," ujar Bezos.

2. Ikuti Intuisi

Di dunia bisnis, Bezos beranggapan, naluri lebih penting dari data.

"Jika Anda dapat membuat keputusan dengan analisis, Anda harus melakukannya. Tetapi ternyata dalam hidup Anda bahwa keputusan terpenting selalu dibuat dengan naluri dan intuisi," katanya.

3. Tidur adalah Penting

Seperti pendiri Huffington Post Arianna Huffington, Bezos sangat mendukung pentingnya istirahat malam, terlepas dari betapa padatnya jadwal yang dia miliki. Bezos mengatakan, setiap malam dia tidur selama 8 jam.

"Sebagai seorang eksekutif senior, Anda dibayar untuk membuat sedikit keputusan tetapi berkualitas tinggi. Tugas Anda bukanlah membuat ribuan keputusan setiap hari."

4. Jadwalkan pertemuan penting lebih awal

Bezos mengatakan bahwa dia menjadwalkan pertemuan-pertemuan yang membutuhkan “IQ tinggi” jam 10 pagi, sebelum dia kelelahan setelah bekerja seharian.

"Pekerjaan apa pun yang akan benar-benar menantang secara mental, akan dilakukan jam 10," katanya.

“Dan jam 5 sore (ketika harus dihadapkan pada hal yang sulit) Saya akan mengatakan, 'Saya tidak bisa memikirkan itu hari ini. Mari coba lagi besok jam 10 pagi," ujar dia.

5. Berpikir jauh ke depan


Sebagai pengguna awal e-commerce sebagai sebuah platform jual-beli, Amazon telah mengembangkan reputasi menjadi bisnis e-commerce yang terdepan. Bezos berpendapat bahwa berpikir ke depan, terkadang bertahun-tahun sebelumnya, adalah bagian penting dari setiap perusahaan yang sukses.

“Semua eksekutif senior kami beroperasi dengan cara yang sama seperti saya. Mereka bekerja di masa depan, mereka hidup di masa depan," kata dia.

Komentar
Close Ads X