Jack Ma: Saya Ingin Meninggal Dunia di Pantai, Bukan di Kantor

Kompas.com - 17/09/2018, 15:10 WIB
CEO Alibaba Group Jack Ma (tengah) menyemarakkan Upacara Penutupan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Minggu (2/9/2018).  ANTARA FOTO/INASGOC/WahyudinCEO Alibaba Group Jack Ma (tengah) menyemarakkan Upacara Penutupan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Minggu (2/9/2018).

BEIJING, KOMPAS.com - Pendiri dan pimpinan Alibaba sekaligus miliarder China Jack Ma beberapa waktu lalu memberikan pengumuman yang mengejutkan. Ia memutuskan untuk pensiun dari kepemimpinannya di Alibaba.

CEO Alibaba Daniel Zheng akan menggantikan posisi Ma setelah disetujui oleh rapat umum pemegang saham (RUPS). Setelah pensiun, Ma mengaku akan fokus di dunia filantropi dan pendidikan.

Sebagai seorang public speaker atau pembicara publik, Ma pun dalam beberapa tahun terakhir kerap melontarkan keinginannya untuk pensiun, namun dengan gaya humoris. Ma pun pernah mengeluhkan kehidupannya yang amat sibuk dan keinginannya untuk kembali menjadi guru.

Beberapa kali Ma pernah menceritakan tentang jadwal bepergiannya yang sangat padat selama menjabat sebagai pimpinan Alibaba.

"Ketika saya pensiun dari posisi CEO, saya berkata pada tim CEO (pada tahun 2013) bahwa saya harus memiliki waktu lebih banyak untuk bermain golf di pantai," kata Ma dalam sebuah kesempatan, seperti dikutip dari South China Morning Post, Senin (17/9/2018).

"Ya Tuhan, (saya) menghabiskan waktu 870 jam di udara pada tahun lalu dan tahun ini 1.000 jam" sebut Ma dalam sebuah konferensi pada tahun 2017 silam.

"Saya tak mau meninggal dunia di kantor saya. Saya ingin meninggal dunia di pantai," imbuh Ma.

Meski Ma sudah tak bertanggung jawab terhadap operasional harian Alibaba, namun Ma tetap menjadi ikon Alibaba. Ia bepergian ke berbagai tempat di seluruh dunia untuk bertemu dengan kepala pemerintahan dan mendorong pentingnya globalisasi dan kemajuan teknologi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X