Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS EKONOMI

Jalin Keakraban, Menaker dan Serikat Pekerja Nobar Film Wiro Sableng

Kompas.com - 17/09/2018, 19:10 WIB
Kurniasih Budi

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Muhammad Hanif Dhakiri menjalin relasi dengan pimpinan dan aktivis serikat pekerja melalui kegiatan nonton bareng (nobar) di Epicentrum XXI Kuningan, Jakarta, Minggu (16/9/2018).

Film Wiro Sableng dipilih Hanif untuk menjalin keakraban dengan pimpinan dan aktivis serikat pekerja dari berbagai unsur konfederasi, federasi, dan tingkat perusahaan.

"Nobar ini menjadi wahana komunikasi informal dan keakraban di antara pemerintah dan serikat pekerja di tengah tantangan pasar kerja yang terus berubah," kata Menaker Hanif dalam pernyataan tertulis, Senin (17/9/2018).

Baca juga: Sistem Pengupahan Harus Mampu Dongkrak Kesejahteraan Pekerja

Menurut dia hubungan yang baik antara pemerintah dan serikat pekerja merupakan faktor kunci terciptanya hubungan industrial yang harmonis, dinamis, dan berkeadilan.

Dengan demikian, perubahan karakter pekerjaan dan perubahan relasi industri akibat perkembangan teknologi komunikasi di era revolusi industri 4.0 bisa diantisipasi dengan baik.

"Dialog sosial yang intensif dan produktif di antara pemangku kepentingan adalah kunci utama agar Indonesia dapat merespon secara tepat dan tepat perubahan itu," ujar dia.

Baca juga: 2019, Anggaran Kemnaker Naik Rp 1,7 Triliun

Pada acara nobar tersebut, Hanif didampingi Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial (PHI & Jamsos) Haiyani Rumondang, Dirjen Pembinaan Pelatihan Produktivitas (Binalattas) Bambang Satrio Lelono, Pelaksana Harian (Plh) Inspektur Jenderal Estianty, serta Pelaksana Tugas Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan Ketenagakerjaan (Barenbang) Khairul Anwar.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Muhammad Hanif Dhakiri menjalin relasi dengan pimpinan dan aktivis serikat pekerja melalui kegiatan nonton bareng (nobar) di Epicentrum XXI Kuningan, Jakarta, Minggu (16/9/2018).Dok. Humas Kemenaker Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Muhammad Hanif Dhakiri menjalin relasi dengan pimpinan dan aktivis serikat pekerja melalui kegiatan nonton bareng (nobar) di Epicentrum XXI Kuningan, Jakarta, Minggu (16/9/2018).

Sementara itu, perwakilan serikat pekerja yang hadir yakni di antaranya Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea, Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja Sinergi BUMN Ahmad Irfan, dan Ketua Nasional Konfederasi Serikat Nasional Hermawan.

Tak hanya itu, para aktor dan aktris seperti Vino G Bastian pemeran Wiro Sableng, pemeran Bidadari Angin Timur Marsha Timothy, dan pemeran Bujang Gila Tapak Sakti Fariz Alfarazy menghadiri nobar tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com