Ini yang Perlu Disiapkan Jika Ingin Jadi CPNS Kementerian ESDM

Kompas.com - 18/09/2018, 06:53 WIB
Standar nilai minimal SKD CPNS 2018 Dok. Kemenpan RBStandar nilai minimal SKD CPNS 2018

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dipastikan akan membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) pada tahun 2018.

Kepastian ini didapat setelah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) telah menetapkan secara resmi usulan formasi CPNS yang akan dibuka untuk tahun ini.

"Betul. Usulan formasi CPNS Kementerian ESDM tahun ini sudah disetujui oleh Kemen-PAN RB," ujar Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian ESDM Upik Jamil dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/9/2018).

Upik menjelaskan, rekrutmen CPNS tahun ini akan diprioritaskan untuk jabatan pendukung Nawacita (pembangunan infrastruktur dan ketahanan energi), seperti inspektur ketenagalistrikan, penyelidik bumi, analis program energi baru terbarukan, analis kegiatan usaha hilir minyak dan gas bumi. Namun, Upik belum bisa merinci secara detail formasi apa aja yang akan dibuka.

Baca juga: 5 Fakta Rekrutmen CPNS 2018 yang Patut Diketahui

"Tunggu saja tanggal 19 September nanti. Yang pasti, masyarakat yang berminat (melamar), siapkan diri dengan baik," kata Upik.

Upik menambahkan, proses seleksi CPNS tahun ini akan melalui satu pintu pendaftaran, yaitu melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) menggunakan Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN).

"Alur registrasi sudah tidak lagi melalui web Kementerian ESDM. Ini mesti dicermati bagi pendaftar," ucap Upik.

Upik menguraikan setidaknya ada tiga tahapan seleksi dalam menentukan proses lolos tidaknya para pelamar menjadi CPNS Kementerian ESDM, yaitu Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Setelah melewati seleksi administrasi, para pelamar akan menjalani SKD untuk diuji pada kemampuan di bidang Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

"SKD ini akan dilakukan dengan sistem online atau CAT (Computer Assisted Test)," ujar Upik.

Pada tahap ini, Kementerian PAN RB sendiri telah menentapkan nilai ambang batas (passing grade) di masing-masing tes bagi jalur umum, yaitu 143 untuk TKP, 80 untuk TIU dan 75 untuk TWK.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X