Kadin: Para Pengusaha Siap Bawa Devisa Hasil Ekspor ke Indonesia

Kompas.com - 18/09/2018, 13:28 WIB
Ketua Kamar Dagang dan Industi (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani di Menara Kadin, Jakarta, Selasa (6/3/2018). KOMPAS.com/ PRAMDIA ARHANDO JULIANTOKetua Kamar Dagang dan Industi (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani di Menara Kadin, Jakarta, Selasa (6/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar Dagang dan Industri ( Kadin) Indonesia menyatakan bahwa para pengusaha telah siap membawa devisa hasil ekspor (DHE) ke dalam negeri dan mengonversikannya ke rupiah.

Ketua Kadin Indonesia Rosan P Roeslani memperkirakan bahwa DHE yang bisa dikonversikan mencapai 40 persen per tahunnya.

Oleh karenanya, Rosan juga menyatakan bahwa para eksportir telah bertemu dengan pemerintah guna mengetahui kemampuan DHE yang bisa dikonversi ke rupiah.

"Sudah diminta komitmen para eksportir dan sudah diminta detailnya berapa yang bisa dikonversi, berapa yang berkebutuhan barang. Ini sudah berjalan," jelas Rosan saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa (18/9/2018). 

Adapun kini Bank Indonesia (BI) mencatat DHE yang terkonversi ke rupiah hanya sebesar 4,4 miliar dollar AS pada kuartal II 2018.

Realisasi tersebut baru 13,7 persen dari total DHE yang masuk ke bank domestik, yakni sebesar 32,1 milliar dollar AS.

Namun demikian, para eskportir telah berkomitmen kepada pemerintah untuk menambah jumlah DHE yang dikonversikan menjadi sebesar 40 persen dalam kurun waktu setahun mendatang.

"Kalau kemarin masih 13,7 persen, teman-teman eksportir bilang bisa sampai 40 persen dalam waktu setahun," imbuh Rosan.  

Sebagai informasi, BI mencatat DHE Indonesia pada kuartal II 2018 mencapai angka sebesar 34,7 miliar dollar AS.

Sebanyak 92,4 persen atau 32,1 miliar dollar AS DHE telah masuk di bank domestik. Sementara untuk aliran DHE ke bank luar negeri adalah sebesar 2,6 miliar dollar AS atau 7,6 persen.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X