Kemendag Bakal Perketat Impor Minuman Beralkohol

Kompas.com - 18/09/2018, 20:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan akan memperketat peraturan impor untuk ban, besi dan baja, minuman beralkohol, serta tekstil dan produk tekstil (TPT).

Nantinya, impor keempat komoditas itu diwajibkan melalui Pusat Logistik Berikat (PLB).

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, kebijakan itu diambil untuk mengantisipasi terjadinya penyelundupan.

"Beberapa komoditas, seperti besi beton, ban, minuman beralkohol, tekstil, itu harus melalui PLB dulu impornya, supaya kami bisa teliti dan menekan penyelundupan," ujar Enggar di kantornya, Jakarta, Selasa (18/9/2018).

Enggar menambahkan, peraturan tersebut saat ini sedang dirancang. Diperkirakan peraturan tersebut akan rampung Oktober 2018.

"Aturannya dalam proses, tapi Oktober harus berjalan semuanya," kata Enggar.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Oke Nurwan menambahkan, aturan tersebut dibuat juga untuk mengendalikan impor.

"Ini karena kenaikan impornya kemarin tinggi, apakah itu karena penyelundupan atau tidak, saya tidak bisa katakan," kata Oke.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.