Dukung Pemerintah Genjot Devisa, BNI Permudah Pemberian "Trade Finance"

Kompas.com - 18/09/2018, 21:30 WIB
CEO Alpha Southeast Asia Siddiq Bazarwala memberikan penghargaan The Best Trade Finance Bank in Indonesia kepada Direktur Tresuri & Internasional BNI Rico Rizal Budidarmo di Shangri-la Hotel? Singapura, Selasa (18 September 2018) Dok BNICEO Alpha Southeast Asia Siddiq Bazarwala memberikan penghargaan The Best Trade Finance Bank in Indonesia kepada Direktur Tresuri & Internasional BNI Rico Rizal Budidarmo di Shangri-la Hotel? Singapura, Selasa (18 September 2018)

SINGAPURA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia Tbk ( BNI) mendukung langkah pemerintah dalam meningkatkan cadangan devisa. Caranya dengan memberikan fasilitas trade finance yang mudah dan cepat untuk mendorong sektor ekspor.

Selain itu, BNI juga akan meningkatkan upaya pelatihan, pendampingan, dan pengembangan produk dan penerapan strategi harga.

Selama ini, BNI telah menjadi lembaga keuangan yang menyediakan layanan pembiayaan khususnya Supply Chain Financing (SCF) dan Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN).

Selama Periode Januari 2018 hingga Agustus 2018, BNI mampu membukukan volume trade finance sebesar 30,3 miliar dollar AS yakni tumbuh 17,4 persen dari tahun sebelumnya.

“Melihat kecenderungan tersebut, BNI terus berupaya meningkatkan dan memperbaharui produk-produk layanannya, tidak hanya pada bisnis Trade Finance, tapi juga transaksi-transaksi lain yang berhubungan, seperti layanan Cash Management,” ujar Direktur Bisnis dan Tresury Internasional BNI Rico Rizal Budidarmo dalam keterangan resminya yang diterima Kompas.com, Selasa (18/9/2018).

Dia menjelaskan, layanan cash management BNI terintegrasi dengan platform Digital Banking dan Kredit Korporasi untuk menarik lebih banyak nasabah dan mengembangkan pasar yang akhirnya akan meningkatkan pendapatan dan tingkat utilisasi produk.

Daam kesempatan itu, BNI kembali menerima pengakuan sebagai bank yang memiliki layanan trade finance terbaik, hingga dinobatkan sebagai the best Trade Finance Bank se-Indonesia oleh Alpha South East Asia.

Dalam hal ini, BNI mendapatkan the best Trade Finance Bank se-Indonesia untuk kedelapan kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2010.

“Bisnis trade finance BNI berkontribusi pada pencapaian fee based income sebesar 11,7 persen dari total fee based income BNI,” ujar Rico.

Setiap produk yang disiapkan BNI untuk melayani nasabah pada transaksi-transaksi internasional ditopang oleh dukungan jaringan kantor cabang yang dimiliki oleh bank nasional asal Indonesia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X