Miliarder Dunia Ramai-ramai Beli Perusahaan Media, Ada Apa?

Kompas.com - 19/09/2018, 06:30 WIB
Ilustrasi miliarder Thinkstockphotos.comIlustrasi miliarder

NEW YORK, KOMPAS.com - Satu lagi, seorang miliarder teknologi lainnya terjun ke bisnis media. Dia adalah pendiri Salesforce, Marc Benioff dan istrinya Lynne Benioff.

Pada hari Minggu (16/9/2018) mereka mengumumkan akan membeli majalah Time seharga 190 juta dollar AS dari Meredith Corporation.

Kekayaan Bernioff sendiri diperkirakan bernilai 6,6 miliar dollar AS menurut Forbes, dan merupakan CEO dari perusahaan penjualan perangkat lunak cloud Cloud senilai 118 miliar dollar AS atau sekitar Rp 2 triliun.

"Benioff membeli TIME secara pribadi dan transaksi ini tidak terkait dengan Salesforce.com," demikian tertulis dalam siaran pers tentang kesepakatan itu.

Baca: Beriklan di Media Cetak Masih Menarik

Pasangan ini juga tidak akan terlibat dalam operasi sehari-hari atau keputusan jurnalistik majalah Time.


Benioff hanyalah satu diantara miliarder yang tertarik untuk membeli perusahaan media.

Pada bulan Juli 2017, The Emerson Collective, sebuah organisasi nirlaba yang dikelola oleh dermawan dan miliarder Apple yaitu Laurene Powell Jobs, membeli mayoritas saham di majalah The Atlantic.

Perusahaan media yang berusia 160 tahun itu adalah salah satu media yang penting dan bertahan lama. Hal itu diungkapkan Laurene dalam pernyataannya Juli tahun lalu, dan Emerson Collective memastikan bahwa The Atlantic akan terus memenuhi visi kritisnya.

Sementara, miliarder lainnya yakni pendiri Amazon, Jeff Bezos membeli The Washington Post. Dia membeli media itu untuk alasan yang sama yakni sebagai pribadi. Satu sisi, surat kabar ini memang telah kehilangan pendapatan selama beberapa tahun sebelum dia bergabung.

Baca juga: Seorang Miliarder Beli Majalah Time Senilai 190 Juta Dollar AS

Halaman:


Sumber CNBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X