Ke Pekanbaru, Menhub Kampanyekan Keselamatan Berkendara bagi Anak Muda

Kompas.com - 19/09/2018, 13:32 WIB
Menteri perhubungan Budi Karya Sumadi. KOMPAS.com/Amran Amir Menteri perhubungan Budi Karya Sumadi.

PEKANBARU, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengampanyekan keselamatan sebagai budaya transportasi di depan masyarakat Pekanbaru, Riau, Rabu (19/9/2018).

Dalam kampanye tersebut, Budi Karya mengingatkan mengenai pentingnya kehati-hatian dan kewaspadaan dalam berkendara di jalan.

"Nyawa itu cuma satu, enggak ada serep makanya harus disayangi. Kalau dilihat kecelakaan ini menyebabkan kematian nomor dua, setelah nomor satunya sakit stroke. Bayangkan dalam setahun itu kecelakaan 30.000 orang," jelas Budi Karya di Grand Ballroom Hotel Aryaduta, Pekanbaru, Riau.

Untuk itu, mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) menyampaikan beberapa tips yang bisa menunjang keselamatan ketika berkendara di jalan.

"Pertama jangan pernah lupa untuk mengenakan helm. Kedua kurangi kecepatan, normalnya adalah 30 sampai 50 kilometer per jam. Kemudian jangan main HP ketika berkendara. Ini memang sering disampaikan dan harus terus diulangi," tutur Budi Karya.

Selain itu, Budi Karya juga mengingatkan kepada para orang tua untuk senantiasa memberikan pengawasan sekaligus peringatan kepada anak-anaknya ketika berkendara di jalan.

Pasalnya, korban kecelakaan di jalan paling banyak adalah anak-anak dengan usia produktif atau setara SMA.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Lebih spesifik lagi ada angka yang membuat kita tertegun bahwa rata-rata kecelakaan itu dialami anak-anak usia produktif, anak SMA. Makanya untuk mereka itu dihimbau agar berkendara selamat dengan mengurangi kecepatan," pungkas Budi Karya.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.