Kampanye Keselamatan, Menhub Bagikan "Life Jacket" pada ABK

Kompas.com - 19/09/2018, 18:10 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi (baju putih) melihat sejumlah kapal yang ada di Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru, Riau, Rabu (19/9/2018). Kompas.com/Idon TanjungMenhub Budi Karya Sumadi (baju putih) melihat sejumlah kapal yang ada di Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru, Riau, Rabu (19/9/2018).

PEKANBARU, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi membagikan sejumlah life jacket ke anak buah kapal (ABK) di Pelabuhan Sungai Duku, Pekanbaru, Riau, Rabu (18/9/2018).

Pembagian 110 life jacket tersebut dilakukan guna meningkatkan kesadaran akan keselamatan tentang penggunaan transportasi laut di daerah.

"Jadi dengan kita memberikan life jacket artinya menandakan kita memberikan satu catatan kepada semua stakeholder marilah kita selalu concern tentang keselamatan," jelas Budi Karya di Pelabuhan Sungai Duku, Rabu siang.

Menurut Budi Karya, kesadaran untuk keselamatan menggunakan transportasi air di daerah kerap kali diabaikan.

Baca juga: Menhub Cabut Izin Penyelenggaran PO Bus yang Kecelakaan di Sukabumi

Para pengelola juga sering disebut terlalu menganggap enteng urusan keselamatan dirinya dan penumpang kapalnya.

"Mereka itu menganggap gampang urusan keselamatan, mereka ngebut, mereka enggak pakai life jacket. Nah kalau ngebut tiba-tiba ada kecelakaan dan enggak pakai life jacket maka yang terjadi adalah satu hal fatal," sambung Budi Karya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Maka dari itu, Budi Karya mengaku selalu mengingatkan petugas pelabuhan dan pengelola kapal untuk terus mengingat perihal keselamatan tersebut.

"Kami tidak ingin kejadian fatal itu dialami rakyat khususnya di Pekanbaru. Ini makanya setiap kali saya ke sini memperingatkan agar mereka selalu mengingatnya untuk tidak lupa pakai life jacket dan melakukan ramp check pada kapalnya," tandas Budi Karya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.