Terbengkalai, Kementerian ESDM Lelang WK Migas West Kampar

Kompas.com - 19/09/2018, 18:20 WIB
Dirjen Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto saat diwawancarai di Jakarta, Kamis (13/9/2018). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMADirjen Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto saat diwawancarai di Jakarta, Kamis (13/9/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM) melelang Wilayah Kerja (WK) Migas West Kampar di wilayah Riau-Sumatera Utara.

WK tersebut seluas 894,8 kilometer persegi dengan estimasi cadangan sebesar 8,3 Million Metrics Stock Tank Barrels (MMSTB). Sementara itu, estimasi sumber dayanya sebesar 4.322 Million Barrel Oil Equivalent (MMBOE).

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan, WK ini sebelumnya dikelola oleh PT Sumatera Persada Energi. Namun, perusahaan tersebut mengalami masalah sehingga blok migas itu terbengkalai.

"Kita lihat potensi yang cepat produksinya dan pengelolaannya kurang keurus karena banyak hal. Kita lelang saja," kata Djoko di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (19/9/2018).

Djoko mengatakan, pengelola WK West Kampar sebelumnya diputus pailit dan tak dapat beroperasi. Terakhir kali blok ini berproduksi pada 27 Maret 2017 sebesar 112 BOPD.

Padahal, kata Djoko, blok tersebut memiliki potensi cemerlang ke depan dengan luas wilayah dan estimasi cadangan yang cukup besar.

"Kalau didiamkan saja, produksinya kecil. Kita mau dibor saja sehingga produksinya meningkat," kata Djoko.

Adapun minimal siganture bonus untuk pemerintah sebesar 5 juta dollar AS. Selain itu, kata Djoko, pihaknya mewajibkan pemenang lelang untuk melakukan komitmen kerja pasti dalam 5 tahun meliputi G and G, Seismik 3 dimensi seluas 400 kilometer persegi, hingga menggali empat sumur eksplorasi dengan estimasi biaya 59,038 juta dollar AS.

Djoko mengatakan, jadwal lelang dimulai per hari ini, 19 September hingga 22 Oktober 2018. Setelah itu, pemasukan dokumen kualifikasi seperti dokumen keuangan dan profil perusahaan dijadwalkan pada 22-30 Oktober 2018.

"Di situ nanti dilihat profil perusahaannya bagaimana, abal-abal enggak. Kalau oke, berkompeten, bisa masukkan dokumen partisipasi pada 12 November 2018," sebut Djoko.

Nantinya pengumuman pemenang lelang akan dilakukan pada akhir Oktober 2018.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X