Ikatan Pilot: Pilot Pakai Narkoba, Langsung Cabut, "No Excuse"

Kompas.com - 19/09/2018, 22:25 WIB
Ilustrasi pilot news.com.auIlustrasi pilot

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengurus Ikatan Pilot Indonesia (IPI) Koko Indra Perdana memastikan tak ada toleransi bagi pilot yang mengkonsumsi maupun mengedarkan narkotika. Ia menyoroti beberapa kasus pilot yang kedapatan memakai narkoba saat break penerbangan, bahkan ada yang saat mengudara.

"Begitu pakai narkoba, langsung cabut. No excuse," ujar Koko di Jakarta, Rabu (19/9/2018).

Koko mengatakan, tanggung jawab yang diemban pilot sangat besar. Sebab, nasib ribuan penumpang yang dibawa setiap hari sepenuhnya bergantung pada pengemudi pesawat.

"Kita punya tanggungjawab ratusan bahkan ribuan nyawa," kata Koko.

Baca juga: Geram, Menhub Minta Lion Air Sikat Pilot yang Positif Narkoba

Meski begitu, Koko meyakini sebagian besar pilot sudah teredukasi dengan baik soal bahaya narkotika. Selama ini, IPI juga selalu meneruskan imbauan Badan Narkotika Nasional untuk membangun kesadaran para pilotnya. Apalagi, sebagai pilot ataupun profesi lain yang menyangkut hajat orang banyak, harus juga memperhatikan kondisi tubuhnya.

"Kita mau ciptakan bagaimana hidup sehat, sehingga tidak mau ke narkoba," kata Koko.

Di samping itu, pilot juga dituntut beristirahat yang cukup agar tetap prima saat mengudara. Koko menganggap ada korelasi antara kurang istirahat dengan potensi penggunaan narkotika.

"Kita tekankan ke kawan-kawan kita harus bisa me-manage vatic tersebut, karena kita lihat bisa menggunakan zat aditif," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X