Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah 5 Negara dengan Jumlah Orang Superkaya Terbanyak di Dunia

Kompas.com - 20/09/2018, 08:30 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.COM — Tahun lalu, kekayaan yang dimiliki ratusan ribu orang di dunia memungkinkan mereka masuk kategori "sangat kaya".

Ultra Wealth Report yang oleh Wealth X menyatakan, jumlah individu yang bisa dikatakan kaya raya adalah mereka yang memiliki kekayaan bersih lebih dari 30 juta dollar AS. Jumlah orang superkaya ini pun tumbuh sebesar 13 persen dari menjadi 255.810 orang dibanding tahun 2016 yang pertubuhannya hanya sebesar 3,5 persen.

Dikutip melalui Foxbusiness, pesatnya pertumbuhan populasi orang superkaya ini disebabkan adanya peningkatan pertumbuhan ekonomi di seluruh dunia, kenaikan harga saham, dan melonjaknya pendapatan banyak perusahaan.

Tren peningkatan ini diperkirakan akan terus berlanjut. Pada tahun 2022, diperkirakan jumlah orang superkaya ini di seluruh dunia diperkirakan akan mencapai 360.390.

Berikut adalah daftar negara yang menjadi pusat individu dengan jumlah kekayaan bersih yang masuk dalam kategori kaya raya versi Wealth X:

 

1. Amerika Serikat

Daerah Times Square di kota New York, AS, dipadati oleh billboard elektronik aneka jenis dan ukuran sehingga waktu malam hari pun terang benderang. Oik Yusuf/ KOMPAS.com Daerah Times Square di kota New York, AS, dipadati oleh billboard elektronik aneka jenis dan ukuran sehingga waktu malam hari pun terang benderang.

Amerika Serikat sejauh ini memiliki jumlah terbesar dari individu dengan kekayaan lebih dari 30 juta dollar AS. Hampir 79.600 orang di negara ini masuk dalam kategori orang superkaya dengan jumlah kekayaan kumulatif sebesar 9,8 triliun dollar AS.

New York, Los Angeles, Chicago, San Francisco, dan Washington DC merupakan setengah dari daftar 10 kota di dunia yang memiliki jumlah orang kaya terbanyak.

Meskipun demikian, diperkirakan pertumbuhan jumlah orang kaya di Amerika Serikat akan melambat dalam lima tahun ke depan.

 

2. Jepang

Shibuya di Tokyo, Jepang.KKday Image Resources Shibuya di Tokyo, Jepang.


Populasi orang superkaya di Jepang sebanyak 17.900 per tahun 2017. Angka tersebut melonjak 11 persen dari tahun sebelumnya. Secara keseluruhan, total kekayaan orang-orang ini berjumlah 1,6 triliun dollar AS.

Adapun dalam daftar 10 kota dengan jumlah penduduk superkaya terbanyak, Tokyo berada di urutan ketiga, sementara Osaka di urutan ke sepuluh.

 

3. China

Shanghai Towerskyscrapercenter Shanghai Tower

Jumlah orang superkaya yang tinggal di China melonjak lebih dari 14 persen di tahun 2017, menjadi 16.875 orang. Secara kolektif, jumlah kekayaan orang-orang ini mencapai 2,4 triliun dollar AS.

Wilayah Asia-Pasifik kemungkinan akan mengalami pertumbuhan yang cukup pesat dalam jumlah orang superkayanya yang diperkirakan akan meningkat lebih dari 8 persen setiap tahunnya, dalam jangka waktu 5 tahun ke depan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com