Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WEF: Regulasi Kebijakan Teknologi di China Bisa Dicontoh Negara Lain

Kompas.com - 20/09/2018, 11:08 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com - World Economic Forum (WEF/Forum Ekonomi Dunia) sedang mencari gagasan-gagasan tentang bagaimana pemerintah dapat secara tepat mengatur teknologi di masa depan.

Organisasi yang memimpin konferensi tahunan para pemimpin dunia di Davos, Swiss mengungkapkan pada Rabu (19/9/2018) bahwa mereka akan meluncurkan sebuah hub di Beijing untuk pejabat pemerintah, bisnis dan akademisi agar datang memberikan saran untuk kebijakan teknologi di masa depan, seperti pengembangan kecerdasan buatan.

China akan menjadi lokasi ketiga dari Pusat Revolusi Industri Keempat yang sebelumnya dibuka di San Francisco pada Maret 2017. Sebuah lokasi di Tokyo diluncurkan pada bulan Juli, dan yang lainnya akan dibuka di Mumbai, India, pada bulan Oktober. Hub ini akan berfokus pada blockchain, teknologi pengembangan internet, dan kecerdasan buatan.

"Kami tidak dapat menggunakan model abad ke-20 untuk teknologi abad ke-21," ujar Kepala Pusat Organisasi untuk Revolusi Industri Keempat Murat Sonmez dalm wawancara dengan CNBC.

Dia menambahkan bahwa dunia mesti banyak belajar dari China.

"Karena China merupakan peluang besar (perkembangan teknologi) bagi seluruh dunia untuk melihat apa yang akan terjadi (di masa depan)," imbuhnya.

Walaupun China adalah salah satu negara yang paling terkontrol di dunia, tapi pemerintahnya telah membiarkan beberapa sektor seperti perusahaan internet berkembang relatif tidak terbatas.

Selain itu, di bawah rencana "Made in China 2025", pihak berwenang Cina melakukan investasi besar-besaran dalam teknologi seperti kecerdasan buatan dalam upaya agar China bisa memimpin dunia untuk teknologi canggih.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com