Semester I 2018, Ekspor Nonmigasi RI ke Taiwan Tembus Rekor Tertinggi

Kompas.com - 20/09/2018, 12:00 WIB
ilustrasi Thinkstockilustrasi
 
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) melaporkan, kinerja ekspor nonmigas Indonesia ke Taiwan pada semester I 2018 mencatat rekor tertinggi sejak tahun 2016. Selama periode tersebut, nilai ekspor nonmigas Indonesia ke Taiwan mencapai 1,84 miliar dollar AS. 
 
"Nilai ini meningkat 10,01persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang tercatat sebesar 1,60 miliar dollar AS. Nilai ini bahkan melebihi capaian semester II tahun 2017 yang sebesar 1,77 miliar dollar AS," ungkap Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei  Didi Sumedi dalam pernyataannya, Kamis (20/9/2018). 
 
Menurut Didi, kinerja ekspor nonmigas Indonesia ke Taiwan jauh lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kinerja ini pun diperkirakan lebih baik pada semester II 2018, sejalan dengan adanya beberapa festival dan perayaan di Taiwan yang bisa menggenjot permintaan domestik di negara tersebut. 
 
Ekspor nonmigas Indonesia ke Taiwan utamanya adalah batu bara, baja, kapasitor elektrik, dan timah. Untuk timah, Indonesia mendominasi 65 persen pangsa impor Taiwan.
 
"Selain itu, ada juga kayu dan produk kertas (tisu dan lain-lain) yang juga mendominasi pangsa pasar Taiwan sebesar 89 persen dan 79 persen," jelas Didi.
 
Ia menyatakan, upaya meningkatkan ekspor ke Taiwan terus dilakukan melalui berbagai kegiatan promosi dan forum bisnis. Pada ajang promosi Trade Expo Indonesia (TEI) di BSD
City pada bulan Oktober mendatang, KDEI Taipei juga gencar menginformasikan ajang
tersebut kepada para pelaku usaha Taiwan.
 
"Trade Expo Indonesia dinilai sebagai platform yang tepat bagi pengusaha Taiwan untuk mencari produk yang diminati masyarakat di Taiwan. Apalagi pada keikutsertaan TEI tahun lalu, dua importir Taiwan sukses menjadi distributor produk makanan Indonesia di pasar Taiwan," ungkap Didi.
 
KDEI juga berupaya menangkap peluang-peluang investasi dan kerja sama industri yang bisa meningkatkan kapasitas industri dalam negeri. Pada tahun 2017, investasi Taiwan di Indonesia tumbuh 166,3 persen dibanding tahun sebelumnya.
 
 



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X