Hadir di Indonesia, Telkomtelstra Sasar Tiga Peluang

Kompas.com - 20/09/2018, 12:45 WIB
Presiden Direktur PT Telkomtelstra Erik Meijer saat ditemui dalam rangkaian acara Telstra Vantage 2018, Rabu (19/9/2018) di Melbourne, Australia. KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEAPresiden Direktur PT Telkomtelstra Erik Meijer saat ditemui dalam rangkaian acara Telstra Vantage 2018, Rabu (19/9/2018) di Melbourne, Australia.

MELBOURNE, KOMPAS.com - Kurangnya kesadaran berbagai jenis perusahaan di Indonesia untuk membuat sistem informasi dan komunikasi internal yang aman dan canggih menjadi peluang bisnis bagi Telkomtelstra.

Sebab, belum banyak perusahaan yang sadar akan pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung perkembangan bisnisnya.

Telkomtelstra merupakan usaha patungan antara perusahaan telekomunikasi Telstra yang berbasis di Australia dengan PT Telkom Indonesia.

"Telkomtelstra ini bisnis enterprise. Banyak hal menarik yang bisa dilakukan untuk mendukung bisnis perusahaan di Indonesia," ucap Presiden Direktur PT Telkomtelstra Erik Meijer, saat ditemui Kompas.com di Melbourne, Australia, Rabu (19/9/2018).

Dia mengatakan, ada beberapa hal yang menjadi peluang bisnis bagi Telkomtelstra di Indonesia. Pertama, membangkitkan kesadaran akan pentingnya manajemen jaringan teknologi informasi (TI) dan komunikasi.

Hal ini terasa penting saat jaringan TI perusahaan mengalami masalah, bahkan hingga tidak bisa digunakan. Masalah ini bisa mengganggu jalannya bisnis perusahaan.

"Kami mendorong manajemen dari jaringan TI perusahaan untuk mendukung bisnisnya melalui network management," ujar Erik.

Dia menambahkan, jaringan internet di Indonesia bisa mati bisa berjam-jam. Pihaknya mempunyai layanan yang bisa mendeteksi suatu gangguan jaringan sedini mungkin.

Hasil deteksi itu bisa menjelaskan antara lain tentang jenis gangguannya, penyebab, lokasi, dan di jaringan internal atau eksternal.

Menurut Erik, saat ini makin banyak perusahaan yang mulai mengerti pentingnya mengelola jaringan TI-nya. Sebab, jika jaringan itu non-aktif malah berisiko mengganggu bisnis perusahaan.

Peluang kedua yaitu bisnis software-defined wide area network (SDWAN). Telkomtelstra menilai pentingnya teknologi ini untuk mengetahui penggunaan jaringan internal komputer di suatu kantor.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X