KILAS EKONOMI

Sekjen Kemendag Serahkan Beasiswa pada Siswa Pulau Terluar

Kompas.com - 20/09/2018, 18:48 WIB

BERAU, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Karyanto Supih akan menyerahkan secara langsung beasiswa Menteri Perdagangan kepada Danil Danuri Tumanduk di Pulau Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Kamis (20/9/2018).

Danil merupakan siswa kelas VII SMA 9 Berau yang berusia 15 tahun. Pada peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia di Pulau Maratua, Danil memanjat tiang bendera setinggi sekira 17 meter karena tali pengait bendera di tiang putus.

Keberanian Danil diapresiasi Kementerian Perdagangan dengan memberi beasiswa dalam bentuk rekening tabungan. Bulan lalu, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito secara simbolis menyerahkan beasiswa tersebut.

“Kami bangga karena ada anak muda di daerah perbatasan yang sangat heroik,” kata Karyanto.

Baca juga: Remaja Pemanjat Tiang Bendera Asal Maratua Dapat Beasiswa dari Mendag

Beasiswa pendidikan itu nantinya digunakan Danil untuk menunjang pendidikan hingga lulus SMA.

Selain itu, Kementerian Perdagangan akan memfasilitasi pendidikan tinggi Danil di Akademi Metrologi dan Instrumentasi. Lembaga itu merupakan perguruan tinggi kedinasan di bawah Kementerian Perdagangan.

Keberanian Danil memanjat tiang bendera tersebut dan menyambung kembali tali yang putus membuat bendera Merah Putih bisa berkibar kembali.

Pemandangan Pantai Maratua. Pulau Maratua adalah salah satu pulau terluar di Indonesia.

KOMPAS.com/FABIAN JANUARIUS KUWADO Pemandangan Pantai Maratua. Pulau Maratua adalah salah satu pulau terluar di Indonesia.
Danil yang tumbuh berkembang di Pulau Maratua memang terbiasa memanjat pohon. Aksi spontanitasnya mampu menyelesaikan persoalan dalam upacara HUT RI yang saat itu dipimpin Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Untuk diketahui, pulau yang Danil tinggali merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang terada di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan Malaysia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.