Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani: Anak Muda Sekarang Ini, Apa Tidak Ingin Seperti Saya?

Kompas.com - 20/09/2018, 19:18 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan infrastruktur. Mulai dari jalan, jembatan, bangunan, dan transportasi massal. Namun, nyatanya generasi muda saat ini justru lebih tertarik kepada dunia digital dan virtual.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Deloitte Infrastructure Forum 2018 di Jakarta, Rabu (20/9/2018).

Dia mengatakan, seharusnya generasi muda pun bisa andil dalam pembangunan infrastruktur di dunia nyata.

"Anak muda sekarang ini, apa tidak ingin seperti saya jadi menteri keuangan dan apa tidak ingin menjadi engineer atau kontraktor. Mereka malah ingin jadi youtuber, gamer, desainer," ujar Menkeu yang mengundang tawa seisi ruangan.

Baca juga: Penjelasan Sri Mulyani soal Kondisi dan Tantangan Terkini Ekonomi RI

Dia menambahkan, mungkin ketertarikan generasi muda saat ini dalam dunia digital dan virtual malah membuat mereka tidak ingin membangun infrastruktur di dunia nyata.

"Jadi mungkin nanti bangun infrastrukturnya di virtual bukan di dunia nyata," sebutnya bercanda.

Menkeu menyebutkan, infrastruktur bukan hanya soal bangunan saja, melainkan banyak dimensi lain yang terkait dengan pembangunan sebuah infrastruktur. Seperti tidak hanya sekedar membangun tembok dan aspal.

"Tapi banyak sekali dimensi, legal contract-nya dan skema keuangannya. Semuanya membutuhkan juga pemikiran dan perencanaan. Kemudian didesain agar bisa diimplementasikan secara baik," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com