Sri Mulyani: Anak Muda Sekarang Ini, Apa Tidak Ingin Seperti Saya?

Kompas.com - 20/09/2018, 19:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan infrastruktur. Mulai dari jalan, jembatan, bangunan, dan transportasi massal. Namun, nyatanya generasi muda saat ini justru lebih tertarik kepada dunia digital dan virtual.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Deloitte Infrastructure Forum 2018 di Jakarta, Rabu (20/9/2018).

Dia mengatakan, seharusnya generasi muda pun bisa andil dalam pembangunan infrastruktur di dunia nyata.

"Anak muda sekarang ini, apa tidak ingin seperti saya jadi menteri keuangan dan apa tidak ingin menjadi engineer atau kontraktor. Mereka malah ingin jadi youtuber, gamer, desainer," ujar Menkeu yang mengundang tawa seisi ruangan.

Baca juga: Penjelasan Sri Mulyani soal Kondisi dan Tantangan Terkini Ekonomi RI

Dia menambahkan, mungkin ketertarikan generasi muda saat ini dalam dunia digital dan virtual malah membuat mereka tidak ingin membangun infrastruktur di dunia nyata.

"Jadi mungkin nanti bangun infrastrukturnya di virtual bukan di dunia nyata," sebutnya bercanda.

Menkeu menyebutkan, infrastruktur bukan hanya soal bangunan saja, melainkan banyak dimensi lain yang terkait dengan pembangunan sebuah infrastruktur. Seperti tidak hanya sekedar membangun tembok dan aspal.

"Tapi banyak sekali dimensi, legal contract-nya dan skema keuangannya. Semuanya membutuhkan juga pemikiran dan perencanaan. Kemudian didesain agar bisa diimplementasikan secara baik," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.