Sistem Minapadi Dinilai Terbukti Tingkatkan Hasil Panen Petani

Kompas.com - 20/09/2018, 19:31 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Badan PBB yang mengurus bidang makanan dan pertanian, Food and Agriculture Organization (FAO), menilai Indonesia sebagai negara yang sukses menerapkan sistem penanaman minapadi.

Sistem penanaman dengan konsep minapadi dianggap terbukti meningkatkan hasil panen, salah satunya di lahan percontohan yang terdapat di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Minapadi adalah usaha tani gabungan yang memanfaatkan genangan air di lahan yang ditanami padi untuk budidaya ikan. Selain mendapatkan padi dengan kualitas organik, minapadi membuat petani memanen hasil ganda, yakni padi dan ikan.

Program ini digagas oleh FAO dan pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Pada Jumat (14/9/2018), panen raya lahan minapadi di Sukoharo dihadiri oleh perwakilan FAO. Pejabat KKP, perwakilan pemerintah daerah setempat, dan ratusan petani juga turut hadir dalam acara itu.

Menurut Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP, Slamet Subjakto, terdapat peningkatan panen petani dengan menerapkan sistem ini.

“Dikuranginya sebagian lahan untuk ikan itu tidak mengurangi produktivitas, malah meningkat. Padinya bisa panen kemaren sampai 10 ton per hektar, ikannya antara 1,2 sampai 1 ton,” kata Slamet saat dihubungi Kompas.com, Rabu (19/9/2018).

Dikutip dari keterangan foto yang diunggah KKP melalui Instagram @kkpgoid, Selasa (18/9/2018), hasil panen minapadi di Sukoharjo ?menunjukkan produktivitas padi naik dari rata-rata 7 ton per hektar per musim tanam, menjadi 9-10 ton per hektar per musim tanam.

Ini belum termasuk tambahan pendapatan dari hasil panen ikan 1-2 ton per hektar per musim tanam.

Baca juga: Menurut FAO, Indonesia Negara Percobaan Minapadi Tersukses di Asia Pasifik

Organik premium

Lahan minapadi di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.KKP/ Slamet Subjakto Lahan minapadi di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.