Rupiah Diprediksi Kembali ke Rp 14.600 Per Dollar AS di Akhir Tahun

Kompas.com - 21/09/2018, 13:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mata uang Garuda diprediksi bakal lebih berotot terhadap dollar AS. Meski masih diliputi kecemasan perang dagang Amerika Serikat dan China, nilai tukar rupiah diprediksi bisa lebih stabil hingga akhir tahun.

Analis Garuda Berjangka, Ibrahim menjelaskan, fundamental ekonomi di Indonesia saat ini sudah cukup kuat. Upaya penguatan rupiah tersebut dilakukan Bank Indonesia (BI) dengan menaikkan suku bunga.

Ibrahim menilai, pergerakan rupiah juga akan dipengaruhi kebijakan bank sentral AS  Federal Reserve atau The Fed. jika The Fed menaikkan suku bunga di bulan ini, nilai tukar rupiah bisa kembali ke Rp 14.600 per dollar AS pada akhir tahun ini. 

Meski demikian, menurut Ibrahim, kebijakan-kebijakan pemerintah belakangan ini masih belum cukup mendorong rupiah. Ia mengatakan, pemerintah juga harus mengetatkan pembayaran pajak di Indonesia.

"Salah satunya mendorong pembayaran pajak,” kata Ibrahim, Kamis (20/9/2018). 

Ibrahim menambahkan, saat ini rupiah memang sudah keluar dari nilai wajarnya. 

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Analis prediksi rupiah bisa kembali ke Rp 14.600 per dollar AS di akhir tahun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.