Amazon Berencana Luncurkan 3.000 Gerai Ritel Tanpa Kasir Hingga 2021

Kompas.com - 21/09/2018, 14:00 WIB
Amazon.com ReutersAmazon.com

NEW YORK, KOMPAS.com - Amazon sedang mempertimbangkan rencananya untuk membuka 3.000 gerai ritel tanpa kasir dalam kurun 3 tahun ke depan atau tepatnya hingga tahun 2021.

Mengutip Fox Business, Jumat (21/9/2018), toko ritel online terbesar di dunia ini lewat nama Amazon Go pertama kali beroperasi di Seattle sejak akhir Desember 2016. Awalnya Amazon Go dibuka hanya untuk karyawan Amazon.

Kemudian, Amazon pun membuka toko itu ke publik dan menambahkan dua gerai lagi di Seattle. Amazon Go keempat dibuka di Chicago beberapa waktu yang lalu dan ada rencana untuk membuka gerai kelimanya di New York.

Jika Amazon menindaklanjuti rencana ini, maka itu bisa jadi ancaman bagi gera-gerai toserba yang merupakan pemain lama seperti 7-Eleven, Target atau Walmart. Terlebih untuk mereka harus menanggung biaya tambahan karena masih menggunakan cara pembayaran dengan kasir konvensional.

Gerai Amazon Go masing-masing menggunakan ratusan kamera dan sensor untuk mendeteksi barang apa saja yang diambil pelanggan dari raknya yang kemudian akan mengirimkan tagihannya lewat kartu kredit atau ponsel pintar pelanggan. Namun, pelanggan harus memiliki aplikasi smartphone untuk berbelanja gerai Amazon Go ini.

Model toko Amazon Go memungkinkan pelanggan berbelanja hanya dengan menggunakan ponsel pintar saja. Pelanggan harus memindai akun Amazon mereka saat masuk ke toko untuk berbelanja.

Pemindaiannya pun hanya berlangsung beberapa detik. Ketika selesai, pelanggan bisa langsung pergi tanpa mengantre di kasir dan akan menerima tagihan dari ponsel mereka. Bayangkan, berapa lama waktu yang bisa dihemat karena penerapan ini? 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.