Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Pertimbangan Perusahaan Asia Pasifik soal Gaji Pegawai

Kompas.com - 22/09/2018, 14:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

NEW YORK, KOMPAS.com - Pernah berpikir tentang pertimbangan perusahaan saat menentukan gaji Anda?

Sebuah survei teranyar yang dilakukan perusahaan konsultasi Willis Towers Watson mengungkap sejumlah hal yang menjadi pertimbangan perusahaan dalam menentukan gaji atau bonus pegawai. Survei dilakukan terhadap 707 perusahaan Asia Pasifik.

Seluruh perusahaan yang disurvei memiliki kantor di dua atau lebih dari dua negara.

Dikutip dari Business Insider, Sabtu (22/9/2018), berikut ini adalah 5 fakta terkait pertimbangan perusahaan dalam menentukan gaji pegawai.

1. Separuh perusahaan di Asia Pasifik mengaku keputusan gaji yang dibuat tak efektif

Di Asia, gaji merupakan faktor terpenting yang memikat pegawai baru ke sebuah perusahaan dan mempertahankannya. Kenaikan gaji membantu memotivasi dan sebagai penghargaan atas kinerja.

Akan tetapi, sebagian besar perusahaan tak menjelaskan bagaimana mereka memutuskan gaji pegawai. Ini disebabkan karena proses pengambilan keputusan yang membingungkan atau perusahaan memiliki statistik yang tak ingin dipublikasikan.

Laporan tersebut menemukan bahwa banyak perusahaan tak memiliki rencana insentif tahunan yang efektif. Lebih dari separuh perusahaan mengaku keputusan penggajian tidak secara efektif membedakan kinerja pegawai.

Beberapa alasannya adalah penggunaan metode yang cenderung ketinggalan zaman, hingga anggaran terbatas dan para manajer tak memiliki waktu untuk mengelola kinerja pegawai.

2. Kenaikan gaji tahunan ditentukan kinerja dan pentingnya pekerjaan

Studi tersebut mengidentifikasi empat faktor yang digunakan sebagian besar perusahaan untuk menentukan kenaikan gaji. Faktor-faktor tersebut antara lain seberapa baik pegawai mencapai tujuan mereka dan tingkat asesmen tahunan.

Faktor di luar kendali pegawai termasuk seberapa kritis pekerjaan mereka terhadap bisnis perusahaan dan apakah pegawai memiliki keahlian yang dibutuhkan perusahaan.

3. Perusahaan akan gunakan prestasi tim dan daya saing pasar untuk tentukan gaji

Separuh perusahaan yang disurvei menyatakan berencana mengubah skema gaji-untuk-kinerja, termasuk merevisi bonus tahunan dan meluncurkan program penghargaan.

Perusahaan juga akan memasukkan sejumlah faktor baru ke dalam kalkulasi kenaikan gaji. Ini termasuk seberapa besar potensi masa depan yang dilihat perusahaan dari pegawai dan bagaimana tim bisa mencapai tujuan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com