Cara Mudah Menabung untuk Masa Pensiun

Kompas.com - 24/09/2018, 10:49 WIB
Ilustrasi menabung, hemat, investasi TOTO SIHONOIlustrasi menabung, hemat, investasi

KOMPAS.com - Pada akhirnya, setiap pekerja akan masuk ke masa yang namanya pensiun. Mungkin selintas sebutan pensiun adalah saatnya untuk beristirahat dan menikmati hari tua setelah puluhan tahun bekerja.

Bahkan, sebagian kalangan ingin agar saat pensiun kelak sudah punya aset yang nilainya besar atau hingga miliaran rupiah. Tentu, itu bukanlah hanya sebatas angan belaka asal tahu cara mencapainya.

Lalu,  bagaimana cara yang tepat untuk mewujudkan itu?

Baca juga: 5 Produk Ini Bisa Anda Pilih agar Bisa Menabung Rutin

Adalah dengan menabung sejak usia 20an tahun dan rencana pensiun usia 60-70an tahun dengan cara yang tepat pula seperti dikutip dari Cermati.com.

1.  Sisihkan gaji untuk menabung dengan disiplin

Niat saja tidak cukup, tapi menabung harus disertai disiplin untuk mewujudkan keinginan punya banyak uang pada masa pensiun. Jadi, kesampingkan hal-hal yang sekiranya tidak begitu penting dan diperlukan agar terhinda yang namanya ‘gaji numpang lewat’ saja.

Setidaknya sisihkan 20 persen bahkan lebih tergantung besarnya gaji Anda untuk rutin di tabung setiap bulan. Lakukan secara konsisten, maka usaha Anda untuk punya banyak uang pensiun bukan angan belaka.

2.  Kurangi pengeluaran harian yang tidak mendesak

Bagi yang bergaji besar mungkin tidak terlalu bingung mengatur pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan. Tapi tentu tidak bagi yang bergaji pas-pasan. Nah, agar target mencapai dan pensiun yang besar, maka buatlah pengeluaran yang sesuai.

Artinya, kurangi pengeluaran yang tidak sepenuhnya diperlukan. Seperti halnya sekedar keinginan makan di restoran, kongko di kafe, dan lainnya. Tentu saja, sesekali melakukan itu tidak ada masalah. Tapi kalau terlalu sering bukanlah hal yang bijak.

Hasilnya bisa ditambahkan ke tabungan. Maka, jumlah tabungan yang Anda miliki pun akan semakin besar karena selain dari dana khusus untuk tabungan, juga dari hasil pengeluaran yang bisa dipangkas.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X