6 Ide Bisnis Kreatif yang Bisa Mendatangkan Banyak Rupiah

Kompas.com - 25/09/2018, 06:17 WIB
Ilustrasi penggambaran kreativitas. Marek UliaszIlustrasi penggambaran kreativitas.

KOMPAS.com - Tren berbisnis di kalangan anak muda kian digemari. Agar bisa bersaing dan bertahan di dunia bisnis, Anda harus memilih ide bisnis kreatif modal kecil yang peluangnya lebih besar. Lalu ada ide bisnis kreatif apa saja yang bisa dipilih?

Membuka bisnis sendiri tampaknya sekarang sedang menjadi tren. Hal ini bisa Anda lihat dari banyaknya perusahaan startup dan bisnis kreatif yang sebagian besar dilakoni oleh anak muda. Merintis bisnis pribadi memiliki tantangan tersendiri sehingga membuat banyak orang berlomba-lomba untuk dapat mewujudkan bisnis yang sukses.

Di tengah persaingan yang tinggi, bisnis kreatif tetap bisa bertahan dan menjadi sorotan karena tampil dengan beragam inovasi menarik. Disebut bisnis kreatif karena dalam proses pembuatan produk-produknya dibutuhkan kreatifitas sehingga bisa menghasilkan nilai seni dan harga jual yang tinggi.

Baca juga: Bekraf: Kontribusi Ekonomi Kreatif ke PDB 2018 Lebih dari Rp 1.000 Triliun

Buat Anda yang tertarik untuk membuka bisnis kreatif, berikut ini sepuluh ide bisnis kreatif yang bisa mendatangkan banyak rupiah, seperti dikutip dari situs perbandingan dan pengajuan produk keuangan HaloMoney.co.id:

1. Kerajinan rotan

Naiknya dollar AS ternyata tidak selamanya berdampak buruk pada industri bisnis Indonesia. Ada sektor industri yang ternyata malah mendulang untung berlipat akibat dampak kenaikan dollar AS, yaitu kerajinan rotan.

Kenapa bisa untung? Karena kerajinan rotan yang dihasilkan akan diekspor ke luar negeri. Perlu Anda ketahui, permintaan akan kerajinan rotan dari negera-negara Eropa dan Jepang ini sangat tinggi.

Tapi bukankah di Indonesia pengrajin rotan sudah banyak? Di Indonesia kerajinan rotan memang sudah banyak pengrajinnya, tapi bentuknya sangat kaku dan itu-itu saja. Oleh karena itu, Anda bisa menjadikan ide bisnis kreatif yang jarang ada ini sebagai peluang untuk berbisnis kerajinan rotan dengan tampilan yang lebih unik seperti bentuk-bentuk karakter tokoh kartun.

Harga yang dijual per buahnya mulai dari Rp 50.000 hingga jutaan, tergantung dari kerumitan pengerjaan dan ukurannya.

2. Scrap frame

Bisnis scrap book sudah mulai meredup, tapi tidak dengan scrap frame yang keberadaannya sedang menjadi sorotan. Scrap frame merupakan pigura yang dihias dengan aneka latar potongan gambar, foto, dan tulisan tangan yang dipadukan sedemikian mungkin sehingga menghasilakn tampilan 3D yang apik. Scrap frame memadukan kreatifitas seni menggunting dan menempel.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X