Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Michael Kors akan Beli Versace Senilai 2 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 25/09/2018, 07:35 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNNMoney

NEW YORK, KOMPAS.com - Perusahaan pembuat tas asal Amerika Serikat, Michael Kors dalam waktu dekat akan membeli merek fashion asal Italia Versace dengan nilai 2 miliar dollar AS atau sekitar RP 29,6 triliun. Dikutip melalui CNN Money, kesepakatan di antara kedua belah pihak akan diumumkan dalam waktu dekat.

Namun, Versace menolak untuk memberi komentar. Adapun Micahel Kors dan salah satu perusahaan ekuitas Blackstone, yang memiliki 20 persen saham Versace pun tidak segera memberikan tanggapan ketika dimintai keterangan.

Sebagai infromasi, keluarga Versace, yang memiliki 80 persen dari merek ini akan tetap berlanjut dalam menjalankan peran mereka di perusahaan.

Adapun Michael Kors sedang berusaha utuk bisa meningkatkan dominasi mereak di dunia fashion agar bisa menyaingi rivalnya seperti Louis Vuitton (LVMHF) dan Tapestry, induk perusahaan dari Coach dan Kate Spade. Tahun lalu, Michael Kors pun telah membeli produsen sepatu mewah Jimmy Choo sebesar 1,2 miliar dollar AS.

Baca juga: Rumah Mode Versace Segera Dijual, Siapa Pembelinya?

Namun, investor skeptis dengan aksi korporasi Michael Kors kali ini. Saham mereka anjlok 7 persen pada perdagangan Senin, (24/9/2018).

Direktur Pelaksana Konsultan GlobalData Retail Neil Saunders menyatakan, pembelian Versace tidak akan membantu meningkatkan nilai dari Michael Kors, namun hanya sebagai tambahan saja bahwa ada merek besar lain yang berada di bawah mereka. Meksi Saunders mengakui kesepakatan tersebut akan membantu Michael Kors bersaing dengan rival-rival yang lebih besar.

"Benar jika dikatakan memperbesar kelompok akan mampu menghemat biaya sentral, tetapi kami tidak melihat penambahan dari merek seperti Versace dapat membantu meningkatkan nilai dari Michael Kors," ujar Saunders.

Menurut dia, pembelian Versace oleh Michael Kors lebih merupakan upaya agar mereka memiliki beberapa merek yang bisa meningkatkan kinerja di beberapa jenis pasar yang berbeda.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com