Penerimaan CPNS, Baru 30 Persen Instansi yang Bisa Didaftarkan Pelamar

Kompas.com - 26/09/2018, 15:33 WIB
Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan saat diwawancarai di kantornya, Jakarta, Rabu (26/9/2018). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMAKepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan saat diwawancarai di kantornya, Jakarta, Rabu (26/9/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendaftaran calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2018 sudah dimulai pada hari ini, Rabu (26/9/2018). Namun, pada hari pertama pembukaan belum semua instansi yang bisa diregistrasi oleh para pelamar.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, baru 30 persen instansi yang terdaftar di situs sscn.bkn.go.id.

“Sesuai data terkini dari back office SSCN intansi yang go live atau bisa dipilih untuk didaftarkan per jam 12.40 WIB siang ini ada 224 instansi, (yakni) 185 pemda dan 39 K/L. Kalau kita bagi dari 601, berarti ada 30 persen yang sudah bisa didaftarkan,” ujar Ridwan di kantornya, Jakarta, Rabu (25/9/2018).

Ridwan menambahkan, data tersebut terus bertambah sejak pertama kali dibuka pada pukul 00.01 WIB dini hari tadi.

Baca juga: Ini Daftar Kementerian yang Buka Formasi CPNS untuk Lulusan SMA

“Kalau sampai tadi jam 9.30 WIB masih ada 177 K/L dan daerah. Mendekati jam 13.00 WIB sudah menjadi 224 K/L dan Pemda," kata Ridwan.

Ridwan menuturkan, ada sejumlah instansi yang masih merevisi pendaftaran CPNS. Atas dasar itulah, saat hari pertama dibuka tak semua instansi telah tersedia bagi pelamar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kenapa baru 30 persen, karena belum selesainya merevisi Kepmenpan RB untuk masing-masing instansi terhadap formasi. Ada beberapa yang minta diubah,” ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.