Pelemahan Rupiah dan Kenaikan Suku Bunga Bisa Turunkan Laba Bank

Kompas.com - 26/09/2018, 16:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings melalui laporan terbarunya menyatakan kinerja perbankan Indonesia terancam tertahan. Ini adalah dampak dari depresiasi rupiah serta kenaikan suku bunga.

Fitch juga turut memprediksi Bank Indonesia (BI) akan kembali menaikkan suku bunga 25 basis poin (bps) untuk tahun ini dan beberapa kali lagi tahun depan.

"Pelemahan nilai tukar rupiah belakangan ini dan meningkatnya suku bunga acuan akan menghambat kinerja perbankan di Indonesia serta berpotensi menurunkan laba," demikian keterangan tertulis dari Fitch Ratings yang diterima Kompas.com pada Rabu (26/9/2018).

Meski ada risiko dari luar atau eksternal, Fitch memandang perbankan Indonesia masih memiliki ketahanan yang cukup. Hal itu didukung berkat bantuan permodalan yang kuat sehingga dapat meredam dampak dari dinamika di pasar global.

Fitch juga memandang aset dan liabilitas perbankan Indonesia masih seimbang, sehingga bisa meredam dampak dari pelemahan nilai tukar rupiah. Meski begitu, ada risiko terhadap perbankan ke depannya jika pelemahan rupiah terus berlanjut, utamanya pada sektor kredit yang menggunakan valuta asing.

Fitch memprediksi, BI masih akan menaikkan suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 25 bps untuk tahun 2018 dan 50 bps pada 2019. Di satu sisi, kenaikan suku bunga berpotensi menekan pertumbuhan kredit perbankan serta menghambat pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.