KILAS EKONOMI

Bandara Internasional Soekarno-Hatta Siap Sambut Asian Para Games 2018

Kompas.com - 26/09/2018, 17:13 WIB
Angkasa Pura II mengusung konsep ACTIF yakni Airport capacity, Communication, Traffic routes, Infrastructure and Facility dalam peningkatan teknologi sarana dan prasarana untuk menyambut Asian Para Games 2018. Dok. Angkasa Pura IIAngkasa Pura II mengusung konsep ACTIF yakni Airport capacity, Communication, Traffic routes, Infrastructure and Facility dalam peningkatan teknologi sarana dan prasarana untuk menyambut Asian Para Games 2018.

KOMPAS.com - Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) berbenah dalam rangka menyambut gelaran pesta olahraga Asian Para Games 2018 di Jakarta pada 6-13 Oktober 2018.

Adapun sejumlah persiapan fasilitas yang dilakukan oleh Angkasa Pura II selaku penanggung jawab pengelolaan bandara untuk Bandara Soetta di antaranya, jalur khusus kedatangan, 530 airport helper, 393 trolley person, 239 Terminal Inspection Officer yang siaga di Terminal 1, 2, dan 3.

Kemudian, di terminal 2 dan terminal 3 telah disiapkan wheelchair ramp atau turunan kursi roda untuk kendaraan tipe bis dan elf bis guna menunjang mobilisasi. Selain itu, tim ground handling bandara juga menyiapkan 5 armada ambulift dengan kapasitas kurang lebih 6 kursi roda untuk menerima kedatangan kontingen.

President Direktur Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, meninjau persiapan bandara untuk menyambut Asian Para Games 2018.Dok. Angkasa Pura II President Direktur Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, meninjau persiapan bandara untuk menyambut Asian Para Games 2018.
President Direktur Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, menyampaikan bahwa Angkasa Pura II mengusung konsep ACTIF yakni Airport capacity, Communication, Traffic routes, Infrastructure, and Facility dalam proses peningkatan teknologi sarana dan prasarana.

“(Dengan persiapan itu semua) Bandara Internasional Soekarno-Hatta siap harumkan nama bangsa dalam perhelatan olahraga Asian Para Games 2018 Oktober ini.” kata Awal dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (26/9/2018).

Total peserta yang hadir dalam Asian Para Games 2018 ini diperkirakan terdiri atas 2.888 atlet dan 1.826 ofisial dari 42 negara.

Peningkatan infrastruktur dan fasilitas dilakukan pula pada sejumlah sisi lain. Beberapa di antaranya seperti pengelolaan slot parkir pesawat kontingen, persiapan pengelolaan Arrival and Departure, dan pengaturan flow untuk para atlet para games.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Angkasa Pura II mengusung konsep ACTIF yakni Airport capacity, Communication, Traffic routes, Infrastructure and Facility dalam peningkatan teknologi sarana dan prasarana untuk menyambut Asian Para Games 2018.Dok. Angkasa Pura II Angkasa Pura II mengusung konsep ACTIF yakni Airport capacity, Communication, Traffic routes, Infrastructure and Facility dalam peningkatan teknologi sarana dan prasarana untuk menyambut Asian Para Games 2018.
Selebihnya, infrastruktur lain yang  dipersiapkan yakni penempatan area drop-off, fasilitas lift serta toilet untuk difable, penambahan conveyor, fasilitas Self Check-In Counter, musholla dan fast line yang dipersiapkan untuk menyambut para atlet, wheelchair flow, persiapan pelayanan untuk para atlet, hingga penempatan sejumlah relawan di beberapa titik untuk membantu mengatur alur penumpang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.