Kompas.com - 26/09/2018, 17:31 WIB
Akun Twitter Badan Kepegawaian Negara (BKN) menginformasikan, pendaftaran CPNS 2018 akan dimulai pada 26 September 2018. Rabu (19/9/2018). Twitter: BKN, @bkngoidAkun Twitter Badan Kepegawaian Negara (BKN) menginformasikan, pendaftaran CPNS 2018 akan dimulai pada 26 September 2018. Rabu (19/9/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendaftaran calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2018 sudah dimulai pada hari ini, Rabu (26/9/2018). Pendaftaran CPNS tahun ini dilakukan secara terintegrasi melalui situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), sscn.bkn.go.id.

Namun, sejumlah pelamar masih ada yang mengeluhkan situs tersebut sulit diakses. Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Mohammad Ridwan mengatakan, situs tersebut sulit diakses dimungkinkan karena banyaknya para pelamar yang mengakses secara bersamaan.

Atas dasar itu, Ridwan menyarankan agar para pelamar mengakses situs SSCN menggunakan jaringan internet yang stabil.

“Memang ini load-nya dinamik ya. Karena itu, kita katakan berlomba. Memang dimana-mana sistem online begitu. Prinsipnya pasti bisa asalkan pakai internet koneksi stabil dan kita sarankan pakai laptop atau desktop,” ujar Ridwan di kantornya, Rabu (26/9/2018).

Baca juga: Sudah 555.048 Pelamar CPNS Buat Akun SSCN

Ridwan mengaku telah mencoba mengakses situs tersebut pada dini hari tadi. Dia pun mengklaim situs itu tak mengalami kendala yang berarti.

Dia menyarankan, para pelamar mengakses situs SSCN pada saat trafficnya tidak tinggi. Ridwan menjmin, jika pada waktu tersebut situs SSCN akan mudah diakses.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal tersebut dikatakan Ridwan dengan berkaca pada pendaftaran CPNS pada tahun lalu.

“Kemarin 19 September kalau mau cepat itu jam setengah 5. Kalau kami lihat traffic kami. Jadi teman-teman berbondong pada tanggal 19 (mengakses) jam 12.00 sampai 15.00. Sementera setelah capek, give up semua, jam setengah 5 sampai jam setengah 7 justru turun sepersepuluh dari overflow jam itu,” kata Ridwan.

Ridwan menambahkan, tahun ini BKN telah memperbaiki infrastruktur jaringan dalam situs SSCN. Hal itu dilakukan agar situs tersebut mudah diakses para pelamar.

“Perbaikan infrastruktur sudah ada, peningkatan bandwitch sudah ada, kemudian mekanisme berapa banyak visual mesin server juga sudah bertambah dengan kapasitas yang kami prediksi 6-10 juta pelamar," ujar Ridwan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.