Kuota Pembuatan Akun Pendaftaran CPNS Dibatasi 2 Juta Per Hari

Kompas.com - 26/09/2018, 19:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) membatasi pembuatan akun pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hanya sebanyak 2 juta per harinya. Para pelamar bisa membuat akun pendaftaran CPNS di sscn.bkn.go.id.

"Server Dukcpil memperbolehkan web SSCN (Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Nasional) mengakses 2 juta NIK per hari untuk pendaftaran akun SSCN," ujar Kabiro Humas BKN, Mohammad Ridwan di kantornya, Rabu (26/9/2018).

Ridwan menambahkan, dalam proses pembuatan akun BKN berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri untuk mengintegrasikan data kependudukan calon pelamar.

Data itu dibutuhkan untuk memvalidasi nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) yang pelamar masukan pada saat proses registrasi untuk membuat akun SSCN.

Menurut Ridwan, pada awalnya BKN hanya memiliki satu juta kuota untuk mengakses NIK di Dukcapil.

"Tadi siang sudah ada kesepakatan untuk menambah jumlah akses ke database kependudukan penjadi 2 juta per hari. Plus peningkatan bandwitch. Be positive," kata Ridwan.

Ridwan meyakini kuota tersebut akan cukup untuk memenuhi kebutuhan para pelamar.

"Tahun lalu hanya 2,4 juta akun kok. Tahun ini kami prediksi maksimal 8 juta akun. Masih jauh dari kapasitas maksimal yang disediakan, 2 juta akses per hari ya," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.