OJK: Di Tengah Volatilitas, Sektor Jasa Keuangan Nasional Masih Terjaga

Kompas.com - 27/09/2018, 08:04 WIB
Logo Otoritas Jasa Keuangan (OJK) PrimusLogo Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat Dewan Komisioner (RDK) Otoritas Jasa Keuangan ( OJK) memastikan bahwa sektor jasa keuangan dalam negeri masih dalam kondisi terjaga.

Hal itu terjadi di tengah kondisi likuiditas pasar keuangan Indonesia yang masih mengalami volatilitas imbas dari berlanjutnya ketidakpastian pasar keuangan global.

Ketidakpastian tersebut dalam beberapa waktu terkahir terjadi akibat tak kunjung berakhirnya isu perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China. Kondisi itu kemudian juga ditambah oleh normalisasi kebijakan antara AS dan Eropa.

“Ketidakpastian ini telah meningkatkan tekanan di pasar keuangan emerging markets, khususnya di negara-negara yang mengalami ketidakseimbangan eksternal,” ujar Deputi Komisioner Manajemen Strategis dan Logistik OJK Anto Prabowo, dalam pernyataan resminya, Kamis (27/9/2018).

Oleh karenanya, OJK mendukung penuh upaya pemerintah untuk bisa mengurangi dampak tekanan pasar keuangan global terhadap perekonomian domestik.

Adapun upaya tersebut di antaranya adalah penggunaan bahan bakar minyak (BBM) biodiesel atau B20, penundaan beberapa proyek infrastruktur yang tinggi konten impornya, dan peningkatan tarif PPh impor beberapa produk konsumsi.

Sementara itu, di tengah dinamika pasar keuangan global, OJK menilai pasar modal domestik per September 2018 masih relatif stabil.

“Per 21 September 2018, Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG) mencatat pelemahan tipis sebesar 1 persen secara month to date (MTD) dengan investor nonresiden mencatatkan net sell sebesar Rp 2,5 triliun,” jelas Anto.

Sementara secara year to date (ytd), IHSG terkoreksi sebesar 6,3 persen dengan investor nonresiden mencatatkan net sell sebesar Rp 52,7 triliun.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X