IMF Naikkan Besaran Dana Bantuan untuk Argentina

Kompas.com - 27/09/2018, 08:34 WIB
Peso Argentina Thinkstock.comPeso Argentina

NEW YORK, KOMPAS.com - Dana Moneter Internasional (IMF) telah setuju untuk memberikan dana talangan ( bailout) lebih besar dan lebih cepat dari yang direncanakan. Ini dilakukan untuk mengembalikan keyakinan pasar terhadap negara itu.

Dikutip dari BBC, Kamis (27/9/2018), IMF berencana menaikkan paket pembiayaannya kepada Argentina selama 36 bulan dari 50 miliar dollar AS menjadi 57,1 miliar dollar AS. Ini akan membuat kredit sebesar 50 miliar dollar AS tersedia selama tahun 2019, lebih banyak 19 miliar dollar AS dibandingkan yang diantisipasi sebelumnya.

Bantuan dari IMF ini hadir sejalan dengan krisis ekonomi dan defisit anggaran yang diderita Argentina. Ekonomi negara tersebut terkontraksi sejalan dengan anjloknya nilai tukar peso dan kekeringan yang menghantam ekspor pertanian.

Para investor telah menarik dananya dari Argentina. Akhirnya, utang pemerintah dan swasta dalam dollar AS pun terancam.

Bulan lalu, Presiden Mauricio Macri meminta kepada IMF untuk mempercepat paket talangan daruratnya. Dengan begitu, kredit akan tersedia untuk Argentina.

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde menyatakan dirinya yakin paket bantuan tersebut, salah satu yang terbesar dalam sejarah IMF, akan membantu mengembalikan keyakinan pasar terhadap Argentina.

"Kesepakatan kerja yang baik harus tetap dilakukan jika Argentina akan merespon kondisi saat ini yang menantang. Upaya ini baru permulaan. IMF berkomitmen terus mendukung upaya pemerintah Argentina," ujar Lagarde.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X