Akuisisi Adira, Zurich jadi Asuransi Umum Patungan Terbesar Indonesia

Kompas.com - 27/09/2018, 21:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Zurich Insurance Group (Zurich) mengumumkan telah menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi 80 persen kepemilikan PT Asuransi Adira Dinamika (Asuransi Adira) pada Kamis, (27/9/2018).

Zurich juga melakukan dua transaksi perjanjian kerja sama strategis jangka panjang dengan Bank Danamom serta Adira Finance.

Adapun jumlah transaksi yang dilakukan Zurich mencapai Rp 6,15 triliun dengan potensi peningkatan nilai ke depannya sesuai kinerja bisnis. Dengan transaksi ini, maka Zurich menjadi perusahaan asuransi umum patungan terbesar di Indonesia.

"Zurich telah menjadikan Asia Pasifik sebagai mesin pertumbuhan utama untuk grup, dan Indonesia adalah pasar utama bagi kami," ujar Chief Executive Officer Zurich untuk Asia Pasifik Jack Howell dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Indonesia dinilai memiliki potensi pertumbuhan yang kuat dan jumlah masyarakat kelas menengah yang berkembang pesat.

Baca juga: Zurich Beli 80 Persen Saham Adira Insurance Senilai Rp 3,9 Triliun

Faktor-faktor itu ditambah dengan tingkat penetrasi asuransi yang rendah, menghadirkan potensi pertumbuhan yang signifikan untuk pasar asuransi.

Adapun transaksi yang masih dalam proses menunggu persetujuan regulator dan persyaratan penyelesaian transaksi lainnya ini akan selesai pada kuartal keempat tahun 2018. Setelah selesai, Zurich akan memegang 80 persen kepemilikan Asuransi Adira, dan Bank Danamon akan memiliki 20 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.