PT Inka Produksi LRT Tanpa Masinis Senilai Rp 3,9 Triliun

Kompas.com - 27/09/2018, 22:07 WIB
Manajer Humas dan Protokoler PT INKA, Exiandri Bambang Primadani Kontributor Solo/Muhlis Al AlawiManajer Humas dan Protokoler PT INKA, Exiandri Bambang Primadani

MADIUN, KOMPAS.com - PT Industri Kereta Api (Inka) Madiun mulai memproduksi 31 kereta Light Rail Transit ( LRT) tanpa masinis pesanan PT Kereta Api Indonesia (KAI). Tiga puluh satu trainset kereta LRT dengan nilai kontrak Rp 3,9 triliun akan dioperasikan untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi.

"Kereta LRT yang kami produksi kali ini berbeda dengan LRT Palembang yang sudah diproduksi PT Inka. Ada pengembangan teknologi baru dalam LRT Jabodebek. Kereta pesanan PT KAI ini tanpa masinis atau driverless," ujar Manajer Humas dan Protokoler PT Inka, Exiandri Bambang Primadani, saat dikonfirmasi Kompas.Com, Kamis (27/9/2018) sore.

Setelah resmi mendapatkan kontrak dari PT KAI kata Doni (sapaan akrabnya), PT Inka langsung melakukan proses pengadaan komponen dan material untuk pembuatan kereta LRT tanpa masinis. Selain itu juga mulai menggarap desain LRT tanpa masinis.

Ia mengatakan desain LRT Jabodebek tanpa masinis berbeda dengan LRT sebelumnya. Setiap trainset dari LRT Jabodebek terdiri dari enam kereta dan mampu melaju dengan kecepatan maksimal 100 km/jam.

Baca juga: Perpanjangan Jalur LRT hingga Bogor Bakal Pakai Skema KPBU

"Dari segi desain, ada penyempurnaan lebih baik dari LRT yang sebelumnya. Kereta LRT tanpa masinis termasuk jenis kereta medium speed, maksimal kecepatan bisa 100 km/jam," katanya.

Menurut dia, proyek moda transportasi kereta LRT tanpa masinis ini, mendapatkan komitmen dari sejumlah BUMN yang tergabung dalam konsorsium. Peran PT Inka dalam proyek ini sebagai pihak yang membuat keretanya.

Untuk membuat kereta LRT tanpa masinis sebut Doni, PT Inka menggandeng bebetapa vendor dari Eropa. Sementara bahan baku atau material pembuatan kereta LRT Jabodebek tanpa masinis mencapai 50 persen. "Proyek LRT tanpa masinis diperkirakan selesai tahun depan," ucapnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X