Kompas.com - 28/09/2018, 05:38 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Pada perdagangan, Kamis (27/9/2018), indeks bursa saham AS ditutup menguat seiring dengan investor yang telah mencerna data ekonomi makro AS.

Data tersebut mencakup Produk Domestik Bruto (PDB), pesanan barang tahan lama, dan tingkat pengangguran, juga keputusan bank sentral AS Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga acuan Fed Fund Rate.

Dikutip melalui Fox Business, indeks Dow Jones Industrial Avarage meningkat 54,65 poin atau 0,21 persen menjadi 26.439,93. Adapun indeks S&P 500 naik tipis 8,03 poin atau 0,3 persen mnejadi 2.914.

Sementara untuk Nasdaq Composite meningkat 51,6 poin atau 0,65 persen menjadi 8.041,97.

Pertumbuhan ekonomi AS pada kuartal II tahun 2018 ini mencapai 4,2 persen sesuai dengan estimasi, dan terdapat sedikit peningkatan dalam klaim pengangguran mingguan. Adapun pesanan barang tahan lama juga mengalami peningkatan.

Pada hari Rabu lalu, Federal Open Market Committee (FOMC) memutuskan untuk meningkatkan suku bunga acuan mereka sebesar 25 basis poin (bps) sehingga berada pada kisaran 2 persen hingga 2,25 persen dan diprediksi akan kembali meningkat sebanyak satu kali hingga akhir tahun.

The Fed juga menghilangkah kata akomodatif dalam pernyataan mereka yang menunjukkan posisi mereka terhadap suku bunga. Langkah ini mengindikasihkan, dengan meningkatnya inflasi dan tingginya pernyerapan tenaga kerja, AS akan semakin mendekati siklus suku bunga tinggi.

Sementara dari sisi komoditas, harga minyak kembali meningkat setelah pemerintah AS mengeluarkan cadangan pasokan minyak yang mereka miliki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.