Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Railink Ditantang Buka Layanan di Banyak Bandara di Indonesia

Kompas.com - 28/09/2018, 12:38 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS. com - PT Railink sebagai perusahaan pengelola kereta bandara di Indonesia ditantang memperbanyak rute dan jalur kereta ke arah bandara.

Saat ini sudah tersedia kereta yang menghubungkan ke Bandara Kualanamu di Medan dan kereta menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Mantan Presiden Komisioner Railink Salahudin Rafi mengatakan, ada beberapa daerah yang saat ini membutuhkan moda trasnformasi yang memudahkan menuju bandara.

"Dari Samarinda, Palu, banyak yang mau punya kereta bandara. Mereka butuh kereta bandara untuk membuat konektivitas moda di sana," ujar Salahudin di kantor pusat Railink, Jakarta, Jumat (28/9/2018).

Salahudin kemudian menyorot dibangunnya bandara internasional Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, yang sudah mulai beroperasi. Menurut dia, Railink bisa mengambil kesempatan untuk membangun kereta cepat di sana.

Saat ini, untuk mengakses bandara tersebut bisa melalui tol Cipali maupun kereta api. Angkasa Pura II sebagai pengelola bandara membangun jalur kereta yang langsung mengarah ke bandara.

"Kertajati ini harus dibantu kereta bandata. Kalau Railink bisa ambil alih buat ke Kertajati bisa ramai yang naik," kata Salahudin.

Di samping itu, kata Salahudin, aksesibitas di luar pulau Jawa juga perlu diperhatikan. Hal ini sejalan dengan misis pemrintah untuk pemerataan pembangunan dari Sabang sampai Merauke.

"Jangan cuma berhenti di Soekarno-Hatta dan Kualanamu, kalau bisa seluruh Indonesia hanya Railink yang buat kereta bandara," kata Salahudin.

"Jangan kasih yang lain masuk ke Indonesia," lanjut dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com