KILAS EKONOMI

Kemkominfo Ajak UMKM Maksimalkan "E-commerce"

Kompas.com - 28/09/2018, 15:19 WIB
Kemkominfo bersama Dewan Kerajinan Nasional, Gerakan Ayo UMKM Jualan Online, dan Blibli.com mengajak UMKM memaksimalkan e-commerce untuk penjualan produk mereka dalam Forum Sosialisasi Belanja dan Jualan Online: Murah, Cepat dan Aman di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Jumat (28/9/2018). KOMPAS.com/ANISSA DEA WIDIARINIKemkominfo bersama Dewan Kerajinan Nasional, Gerakan Ayo UMKM Jualan Online, dan Blibli.com mengajak UMKM memaksimalkan e-commerce untuk penjualan produk mereka dalam Forum Sosialisasi Belanja dan Jualan Online: Murah, Cepat dan Aman di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Jumat (28/9/2018).

JAKARTA, kompas.com  - Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kemkominfo) bersama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Gerakan Ayo UMKM Jualan Online, serta Blibli.com mengajak Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memaksimalkan e-commerce sebagai wadah untuk mengembangkan usaha mereka.

Hal itu diutarakan dalam Forum Sosialisasi Belanja dan Jualan Online: Murah, Cepat dan Aman di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Jumat (28/9/2018).

“Kami mengajak teman-teman Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk naik kelas. Artinya dari yang offline menjadi online," ucap Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian & Maritim Septriana Tangkary kepada awak media, Jumat.

Ia juga menjelaskan, melalui kegiatan ini, pihaknya ingin mengajak UMKM yang ada di Indonesia untuk berjualan lewat marketplace.

Wadah online dan e-commerce dipilih karena dianggap murah, aman, serta dapat memperbesar peluang peningkatan pendapatan hingga 80 persen. Selain itu, e-commerce juga menjadi salah satu cara untuk mempromosikan produk UMKM Indonesia.

Menurut Septriana, penetrasi penggunan internet di Indonesia telah mencapai lebih dari 132 juta yang membuat Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia.

Namun, baru sekitar 8 persen pelaku UMKM yang telah memanfaatkan wadah online untuk memasarkan produknya. Hal ini karena masih banyak UMKM yang ragu apakah produknya bisa dijual secara online dan kurangnya pengertahuan tentang bagaimana cara berjualan lewat e-commerce.

"Karena itu edukasi akan pemanfaatan teknologi penting untuk terus dipupuk. Masyarakat harus terus diberi dorongan dan dukungan untuk memanfaatkan teknologi agar industri dapat terus berkembang pesat. Gerakan Ayo UMKM Jualan Online, ini salah satu cara kami mendukungnya, " ucap Septriana.

Melalui gerakan itu, Kemkominfo bekerja sama dengan Blibli.com memberikan sosialisasi dan pelatihan berjualan online kepada UMKM di 15 kota di Indonesia.

Para pelaku UMKM tidak hanya diajarkan menggunakan marketplace, tapi juga bagaimana memasarkan produknya secara online.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X