Pembangunan 1.500 Unit Rumah Rawan Gempa di Lombok Rampung Oktober 2018

Kompas.com - 28/09/2018, 18:42 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERAMenteri BUMN Rini Soemarno

LOMBOK, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno meninjau berbagai lokasi di Lombok,  Nusa Tenggara Barat.

Dalam kunjungannya kali ini, Menteri Rini meninjau pembangunan Rumah Rawan Gempa (RRG). Satu unit rumah memiliki luas 25 meter persegi dan akan dihuni oleh 2 kepala keluarga. Tempat tinggal ini adalah sementara bagi para pengungsi gempa lombok. Selain itu, dibangun juga fasilitas sanitasi yakni MCK dan sarana pendukung lainnya yang merupakan hasil sinergi BUMN.

"Rumah mereka hancur dan tinggal di tenda-tenda pengungsian, khawatir nanti saat musim hujan tiba," ujar Rini saat meninjau di Desa Kekait, Kabupaten Lombok Barat, Jumat (28/9/2018).

Rini menargetkan pembangunan RRG bisa mencapai 1.500 unit hingga akhir Oktober 2018. Hingga hari ini, hampir 900 RRG sudah dibangun.

“Pemerintah terus mendorong optimalisasi peran perusahaan negara dalam rangka percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana gempa,” imbuh Rini.

Dari 15 desa yang dilanda gempa di NTB, dipilih 4 area yang menjadi pilot project dalam pembangunan RRG ini yaitu Desa Guntur Macan dan Desa Kekait  di Kec. Gunung Sari, Desa Sembalun di Kec. Semablun dan Desa Terangan, Kec. Pemenang.

Terdapat empat BUMN bersinergi dalam membangun RRG di 4 desa ini yaitu PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk sebanyak 363 yang sudah dibangun, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sebanyak 216 RRG dan 26 MCK yang sudah dibangun, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebanyak 140 RRG 140 dan 12 MCK yang surah dibangun dan PT Pertamina sebanyak 86 RRG dan 11 MCK yang sudah dibangun.

Menteri Rini memastikan sinergi BUMN akan terus berlanjut dan akan semakin banyak BUMN yang terlibat dalam membangun RRG dan MCK sehingga mampu mencapai target yang telah ditetapkan.

“Saya akan terus memantau dan mendukung upaya-upaya penanganan pasca bencana. Apresiasi dan terima kasih saya kepada BUMN yang sudah terlibat serta semua pihak yang sudah membantu memperlancar pembangunan rumah transisi ini,” imbuh Rini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X