Kompas.com - 28/09/2018, 20:25 WIB
Kantor pusat Bank Muamalat di Jakarta. KOMPAS/PRIYOMBODOKantor pusat Bank Muamalat di Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.,com - Kabar calon investor PT Bank Muamalat Indonesia Tbk yang berhembus membuat Otoritas Jasa Keuangan angkat suara. Sebab, nama Dato Sri Tahir yang digadang-gadang sebagai calon investor itu dikabarkan sudah mengajukan penawaran untuk menjadi partner strategis bagi Bank Muamalat kepada OJK.

Juru bicara OJK, Sekar Putih mengatakan, siapapun bisa masuk menjadi investor yang akan menyuntik modal untuk Bank Muamalat. Namun, ia menegaskan ada hal yang patut diperhatikan.

"Siapapun boleh menjadi investor Bank Muamalat sepanjang kredibel dan memiliki fresh money," ujar Sekar dalam keterangan tertulis, Jumat (28/9/2018).

Selain itu, investor tersebut harus menempatkan sejumlah uang dalam escrow account di Bank Muamalat sesuai kesepakatan dengan otoritas. Hal terakhir yang penting dilakukan adalah melakukan Rapat Umum Pemegang Saham dalam waktu dekat.

Baca juga: Disebut Masuk Bank Muamalat, Ini Komentar Dato Sri Tahir

Bank harus segera melakukan RUPS untuk menetapkan investor tersebut," kata Sekar.

Sebelumnya diberitakan, Tahir yang merupakan pemimpin Grup Mayapada disebut menjadi calon investor strategis Bank Muamalat, selain konsorsium yang dipimpin oleh Ilham Habibie. Adapun konsorsium Ilham Habibie sendiri terdiri dari perusahaan investasi asal Singapura Lynx Asia, SGG Group dan Arifin Panigoro.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Intinya kalau diminta, Saya oke. Tapi tidak untuk memiliki," tutur Tahir, saat dikonfirmasi, sebagaimana dikutip dari Kontan.

Tahir menyebut, dirinya siap membantu menyetorkan dana guna membantu Bank Muamalat yang memang sedang membutuhkan bantuan permodalan.

Namun dia menegaskan bahwa hal tersebut tidak untuk jangka panjang, karena bantuan ini bersifat sementara sampai ada pemodal lain yang akan menggantikan dirinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.