Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jonan: Uang Rakyat Harus Kembali ke Rakyat

Kompas.com - 28/09/2018, 21:52 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar malam penganugrahan penghargaan Soebroto 2018 di Gedung XXI Ballroom, Djakarta Theater, Jumat (28/9/2018) malam.

Dalam kegiatan ini Kementerian ESDM akan memberikan penghargaan bagi para stakeholder yang turut berperan aktif membangun sektor energi dan mineral di Indonesia.

"Acara ini sebagai refleksi bagi kita untuk terus meningkatkan semangat bekerja lebih giat lagi demi memajukan sektor ESDM lebih baik dan lebih progresif," ujar Menteri ESDM Ignasius Jonan dalam sambutannya.

Jonan berharap para pemangku kepentingan mampu berkolaborasi dan bekerja beriringan dengan Pemerintah demi mempercepat tujuan pembangunan sektor ESDM sesuai Pasal 33 Undang-Undang Dasar (UUD).

Baca juga: Jonan Ancam Kenakan Sanksi bagi Badan Usaha yang Tak Patuhi Aturan B20

"Saya mengajak masyarakat turut terlibat bersama Pemerintah membangun sektor ESDM. Hal itu akan mempercepat tujuan kita agar sektor ESDM mampu memberikan kemakmuran bagi semua rakyat," ucap dia.

Jonan menyampaikan, pemerintah tengah menggalakkan kebijakan yang dirasakkan langsung manfaatnya oleh masyarakat, seperti BBM Satu Harga, pembagian konverter kit LPG untuk nelayan kecil, pembangunan jaringan gas kota, pengeboran air bersih hingga Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE).

"Kebijakan pro rakyat pun terus digalakkan. Uang rakyat (harus) kembali ke rakyat," kata Jonan.

Jonan pun mengucapkan selamat bagi para penerima penghargaan Soebroto 2018 ini.

"Saya ucapkan selamat kepada para pemenang. Saat ini bukan lagi era dimana yang besar mengalahkan yang kecil, tapi yang cepat mengalahkan yang lambat," kata Jonan.

Adapun kategori penghargaan yang akan diberikan dalam acara ini, yakni bidang keselamatan ketenagalistrikan, bidang efisiensi energi, bidang pengelolaan keselamatan pertambangan mineral dan batu bara, bidang keselamatan minyak dan gas bumi, bidang keselamatan dan kesehatan kerja serta lindungan lingkungan panas bumi dan bidang wartawan energi.

Malam Penghargaan Subroto 2018 merupakan puncak dari serangkaian pekan peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi PE ke-73.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com