Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub: Akses Jalan Darat Menuju Palu Rusak Parah

Kompas.com - 29/09/2018, 12:51 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengonfirmasi bahwa jalur darat dari dan menuju Palu saat ini mengalami kerusakan parah.

Hal itu merupakan imbas dari gempa bermagnitudo 7,4 yang mengguncang Sulawesi Tengah dan sekitarnya pada Jumat (28/9/2018).

"Alternatif jalan darat cukup sulit ditempuh mengingat dari arah Makassar menuju Palu via Mamuju tertutup di daerah Pasangkayu dan Donggala," ucap Budi ketika dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (29/9/2018).

Bukan hanya itu, Budi menambahkan bahwa jalan dari arah Poso dan Luwuk menuju Palu terputus di sekitar wilayah Kebun Kopi.

Namun demikian, Budi menyatakan masih ada beberapa jalur alternatif yang bisa dilewati untuk menuju Palu meskipun hal tersebut memakan waktu cukup lama.

"Ada jalur-jalur alternatif jalan propinsi yang masih bisa dilalui. Untuk saat ini perjalanan darat menuju Palu rata-rata membutuhkan waktu 22 jam, sedangkan akses laut menuju Palu dari Makassar membutuhkan waktu 30 jam lebih," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com