Pertamina Mulai Salurkan BBM ke SPBU di Palu - Kompas.com

Pertamina Mulai Salurkan BBM ke SPBU di Palu

Kompas.com - 30/09/2018, 16:45 WIB
Mobil tangki Pertamina yang ditinggal di SPBU di Jalan Imam Bonjol, Palu, diserbu warga, Minggu (30/9/2018).KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Mobil tangki Pertamina yang ditinggal di SPBU di Jalan Imam Bonjol, Palu, diserbu warga, Minggu (30/9/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) mulai menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) ke sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Penyaluran BBM dilakukan melalui distribusi dari Terminal BBM di Donggala.

"BBM yang disalurkan adalah premiun, pertalite, pertamax, solar, dan avtur," kata Unit Manager Communication and CSR Marketing Operation Region VII Pertamina Roby Hervindo kepada Kompas.com, Minggu (30/9/2018).

Roby menjelaskan, untuk tahap awal ini pihaknya memberangkatkan enam mobil tangki yang masing-masing memiliki kapasitas 16.000 liter.

Keenam mobil tangki tersebut akan mendistribusikan BBM ke empat SPBU di Palu, yakni SPBU 74.942.08 di Jalan Maluku, SPBU 74.941.05 di Jalan R.E Martadinata, SPBU 74.941.08 di Jalan Soekarno-Hatta, dan SPBU 74.943.13 di Jalan Tawaeli.

Baca juga: Upaya BUMN Bantu Pulihkan Donggala dan Palu Usai Gempa dan Tsunami

"Dari empat SPBU tersebut, dua di antaranya beroperasi hingga malam, yakni SPBU di Jalan Maluku dan Jalan R.E Martadinata," ujar Roby.

Adapun kapasitas BBM yang diangkut oleh mobil tangki menyesuaikan dengan kondisi jalan guna memperlancar proses distribusi BBM. Roby juga menyebut pihaknya turut menunggu pengawalan agar penyaluran BBM bisa lancar sampai tujuan.

Baca juga: Warga Palu Serbu Mobil Tangki Pertamina yang Ditinggal di SPBU

Sebelumnya, sudah ada mobil tangki dari Terminal BBM Parepare yang telah menyalurkan bahan bakar untuk agen premium dan minyak tanah 76.915.02 di Pasang Kayu. Mobil tangki tersebut menyalurkan 16.000 liter dan kemudian kembali lagi ke Terminal BBM Parepare untuk tugas berikutnya.

Baca juga: Gempa Sulteng, PLN Sediakan 8 Genset untuk Posko Pengungsian

Dalam hal layanan, Pertamina turut menambah 50 operator SPBU dari daerah lain di Sulawesi serta tambahan mobil tangki dari Parepare dan Kendari. Pertamina juga berupaya menambah pasokan BBM untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Palu dengan stok dari Terminal BBM Palopo, Parepare, serta Tolitoli.

"Sebagian pasokan BBM sudah mulai disalurkan untuk rumah sakit, PLN, dan BPBD setempat," ujar Roby.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X