Dampak Gempa, Akses Pesawat Komersil di Bandara Palu Masih Terbatas

Kompas.com - 01/10/2018, 05:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Kenavigasian Direktorat Jenderal Hubungan Laut Kementrian Perhububungan (Kemenhub) Sugeng Wibowo mengatakan, transportasi udara sudah dibuka tapi masih terbatas untuk pesawat komersil.

Hal ini sesuai dengan Notam Nomor H0778/18 yang dikeluarkan Airnav Indonesia menyatakan bahwa Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri Palu sejak 30 September 2018 pukul 08.57 WITA dibuka kembali untuk penerbangan komersial secara terbatas.

Sementara, operasional bandara juga dibatasi dari pagi sampai sore hari karena penerbangan masih dilakukan secara visual dan banyak alat-alat di bandara yang rusak terkena gempa.

“Pesawat komersil yang masuk hanya bisa yang baling-baling belum bisa yang jet,” ujar Sugeng.

Baca juga: Bandara Palu Sudah Dibuka untuk Penerbangan Komersial

Sugeng menambahkan, untuk pesawat komersil lain kemungkinan akan mulai masuk Senin (1/10/2018) ini.

“Karena ada kerusakan di runway sepanjang 500 meter dari panjang 2.500 meter. Artinya hanya 2.000 meter yang aman. Hari ini belum ada pesawat komersil yang masuk. Mungkin besok sudah mulai masuk,” ujar Sugeng.

Terbatasnya pesawat komersil yang masuk tidak lain karena mengutamakan pesawat pembawa bantuan dan keperluan kemanusiaan. Selain itu, sarana dan prasarana pun terbatas akibat rusak karena gempa.

“Operasional pesawat masuk jet dikurangi, hanya yang baling-baling (boleh). Sarana juga terbatas, upaya untuk menghindari deadlock operasional bandara, jadi dibatasi. Hari ini infonya belum ada (pesawat komersil) yang masuk,” tutur Sugeng.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.