Kekayaan Elon Musk Tergerus 1,5 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 01/10/2018, 07:32 WIB
Elon Musk, CEO SpaceX. Business InsiderElon Musk, CEO SpaceX.

NEW YORK, KOMPAS.com - Kekayaan CEO Tesla Elon Musk anjlok 1,5 miliar dollar AS selepas Komisi Pasar Modal (SEC) Amerika Serikat menuntut Tesla lantaran telah memberikan keterangan palsu kepada investor dengan mengatakan akan membuat perusahaan produsen mobil elektrik miliknya menjadi privat, alias sahamnya tak lagi diperdagangkan kepada publik di bursa.

Dalam tuntutannya, SEC juga mencari celah agar Musk tak lagi memimpin perusahaan tersebut.

Tak hanya Musk, pendiri Facebook Mark Zuckerberg pun mengalami hal yang kurang lebih sama. Kekayaannya terkikis 2 miliar dollar AS selepas Facebook melaporkan adanya penemuan pelanggaran keamanan yang berpengaruh terhadap 50 juta akun di platform media sosial ini.

Dikutip dari Bloomberg, saham Facebook pun anjlok 2,7 persen pada perdagangan Jumat (28/9/2018), menjadi 164,28 dollar AS per lembar saham. Adapun saham Tesla anjlok 13 persen menjadi 267,38 dollar AS per lembar saham.

Baca juga: Bos Facebook Terancam Keluar dari 10 Besar Orang Terkaya di AS

Sebagai informasi, saham Tesla telah anjlok 29 persen sejak Musk berkicau melalui akun Twitternya mengenai privatisasi Tesla pada 7 Agustus lalu. Melalui akun Twitternya, Musk mengatakan akan mengatur pembiayaan untuk privatisasi dengan menjual saham Tesla sebesar 420 dollar AS per lembar saham.

Sementara, kekayaan bersih Musk telah jatuh lebih dari 4 miliar dollar AS sejak bulan lalu. Sehingga jika diakumulasikan, jumlah kekayaan Musk yang tersisa sebesar 21,6 miliar dollar AS. Adapun untuk Zuckerberg, sisa kekayaannya saat ini sebesar 64,6 miliar dollar AS.




Sumber Bloomberg
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X