Menhub Targetkan Perbaikan Bandara Palu Selesai dalam 3 Minggu

Kompas.com - 01/10/2018, 19:07 WIB
Menara ATC di bandara Mutiara, Palu yang rusak akibat gempa bumi 7,7 SR pada Jumat (28/9/2018) petang. IstimewaMenara ATC di bandara Mutiara, Palu yang rusak akibat gempa bumi 7,7 SR pada Jumat (28/9/2018) petang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, perbaikan fasilitas Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, Sulawesi Tengah bisa rampung dalam waktu kurang dari satu bulan.

Akibat gempa dan tsunami yang melanda Palu, landasan pacu di bandara tersebut rusak seluas 300 meter.

"Kita akan melakukan perbaikan selama tiga minggu sehingga bisa digunakan segala jenis pesawat," ujar Budi di kantornya, Jakarta, Senin (1/10/2018).

Budi menjelaskan, selain landasan pacu, pihaknya juga akan memperbaiki terminal penumpang di bandara tersebut yang sempat mengalami kerusakan. Untuk memperbaiki terminal itu diperkirakan memakan waktu tiga pekan.

"Kita berikan tiga minggu maksimal untuk diperbaiki. Apabila selesai maka bandara itu bisa digunakan, semua jenis pesawat narrow body bisa dilakukan di situ," kata Budi.

Sementara itu, untuk menara pengatur lalu lintas udara (ATC) ditargetkan paling lama dua bulan selesai perbaikan. Saat ini untuk navigasi penerbangan, masih menggunakan prosedur visual flght rules dan menggunakan antena mobile.

"Kemarin sudah dilakukan dan sudah mulai dibangun dalam dua bulan selesai. Jadi ada tiga kegiatan konstruksi yang kita lakukan di bandara mutiara," ucap dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X