IAI: Kredibilitas Dipertanyakan, Penanggung Jawab Laporan Keuangan Perlu Diatur

Kompas.com - 01/10/2018, 21:14 WIB
Ilustrasi Thinkstockphotos.comIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikatan Akuntan Indonesia (AIA) mengatakan, kredibilitas kualitas pelaporan keuangan Indonesia dapat terancam jika regulator tidak segera mengatur penangung jawab laporan keuangan.

Direktur Eksekutif Ikatan Akuntan Indonesia (AIA) Elly Zarni Husin mengatakan, munculnya kasus pada laporan keuangan, salah satu penyebabnya karena si penanggung jawab belum diwajibkan bersertifikasi Chartered Accountant (CA) dan menjadi anggota Ikatan Akuntan Indonesia ( IAI). 


Elly mengungkapkan, saat ini jumlah akuntan profesional yang menjadi anggota IAI dan memiliki sertifikat CA hanya berkisar di angka 20.000 akuntan. Padahal entitas yang menyusun laporan keuangan di Indonesia jumlahnya mencapai hampir 3 juta perusahaan jika menggunakan data perusahaan yang terdaftar di Direktorat Jenderal Perpajakan per Februari 2017.

“Artinya sangat banyak perusahaan yang mengandalkan penyusunan laporan keuangannya kepada individu yang bukan merupakan akuntan profesional,” ujar Elly pada keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (1/10/2018).

Saat ini, pemerintah memang mengatur adanya kewajiban entitas menyusun laporan keuangan, dan dengan tegas memberikan sanksi bagi entitas yang tidak membuat atau terlambat menyampaikan laporan tahunannya. Namun, pemerintah tidak mengatur bahwa pembuatan laporan keuangan tersebut harus dilakukan oleh individu yang kompeten, yaitu seorang akuntan profesional.

Elly menjelaskan, seseorang yang berhak menyandang sebutan Akuntan Profesional adalah pemegang sertifikat CA yakni setelah diuji kompetensinya oleh IAI. Sehingga memiliki kapabilitas dan kompetensi dalam mengelola sistem pelaporan yang menghasilkan laporan keuangan yang bernilai tinggi sesuai dengan prinsip tata kelola, etika profesional dan integritas.

“Seorang CA juga harus memenuhi persyaratan pengalaman kerja di bidang akuntansi,” ucap Elly.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X