Perusahaan Tambang dan Migas DIminta Beri Bantuan ke Palu

Kompas.com - 01/10/2018, 22:34 WIB
Kerusakan parah akibat gempa bumi terlihat di Perumnas Balaroa, Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/10/2018). Gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah mengakibatkan 832 orang meninggal. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOKerusakan parah akibat gempa bumi terlihat di Perumnas Balaroa, Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/10/2018). Gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah mengakibatkan 832 orang meninggal.

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar meminta perusahaan Migas dan Tambang memberi bantuan bagi korban gempa dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala Sulawesi Tengah.

"Kami bentuk tim dan minta seluruh stake holder kami untuk bantu dalam bentuk CSR juga dalam bentuk lain," ujar Arcandra di kantornya, Senin (1/10/2018).

Selain itu, Arcandra mengaku bahwa pihaknya telah membentuk tim lintas sektoral untuk diterjunkan ke Palu dan Donggala.

Menurut Arcandra, pihaknya memfokuskan untuk memastikan penyaluran BBM, listrik dan air bersih aman di kedua lokasi tersebut.

"Hari ini sudah bergerak sudah masuk beberapa BBM ke Palu, kita juga dengan PLN dengan sigap membantu, baik itu perbaikan gardu induk juga genset yang kecil-kecil kita bawa, sudah berlangsung sekarang, sudah dari sumur bor yang dangkal ini sudah kirimkan tim juga ke sana membantu untuk air bersih," kata Arcandra.

Selain pasokan BBM dan listrik, lanjut Arcandra, pihaknya juga menerjunkan tim rescue untuk membantu mengevakuasi para korban bencana tersebut.

"Dari stake holder kita, dari KKKA dari minerba tim rescue nya, kita deploy juga kesana, baik lewat jalur darat juga jalur laut," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.